About Us

JEJAK POTENSI

MENGENAL MANFAAT TUMBUHAN HERBAL DI SEKITAR RUMAH

Manfaat Daun Patah Tulang Sebagai Obat Tradisional

Tanaman patah tulang dipercaya dapat menyembuhkan tulang yang patah hingga mengobati berbagai macam penyakit.

Tertarik menggunakan daun patah tulang? Ketahui dulu kebenaran manfaatnya

Apa Anda pernah mendengar istilah daun patah tulang? Anda mungkin bertanya-tanya mengenai kaitannya dengan tulang yang patah.

Meski Tak Terlihat, Ini 4 Fungsi Tulang Belikat pada Tubuh Manusia

Manfaat daun patah tulang menurut kepercayaan banyak orang

Tanaman patah tulang dengan nama ilmiah Euphorbia tirucalli (E. tirucalli) ini termasuk tumbuhan perdu yang memiliki ketinggian 4-12 m. Umumnya, daun tumbuhan berukuran kecil dengan panjang maksimal 2,5 cm.

Tumbuhan yang dikenal pula dengan pencil cactus ini mampu hidup di area dimana tanaman lain tidak bisa atau sulit untuk tumbuh. Misalnya, di kawasan tropis yang kering dengan curah hujan yang rendah, tanah bergaram, serta pada area ketinggian lebih dari 2.000 meter.

Tanaman patah tulang telah banyak digunakan sebagai obat tradisional. Namun bagian yang digunakan bukanlah daun patah tulang, melainkan getah, akar, hingga dahannya.

Penggunaan tanaman ini secara tradisional diyakini mampu mengatasi beragam gangguan kesehatan yang meliputi:

* Sakit gigi.

* Impotensi.

* Wasir atau hemoroid.

* Gigitan ular dan kalajenging.

* Kutil.

* Asma.

* Epilepsi.

* Kolik.

* Tumor.

* Kanker.

* Bisul di hidung.

* Tulang yang nyeri.

Di samping manfaat di atas, jurnal lain juga menyebutkan bahwa tanaman patah tulang banyak digunakan di Pulau Jawa untuk menyembuhkan patah tulang.

Tips menggunakan tanaman ini dengan beberapa cara yaitu.

Penduduk setempat menggunakannya dengan cara mengaplikasikan dan menggosokkan getahnya ke area tubuh yang mengalami fraktur.

khasiat didapatkan dari getahnya, bukan daun patah tulang. Bagi Anda yang baru mengetahui hal ini, bisa jadi kabar tersebut menjadi angin segar untuk menyembuhkan patah tulang. 

Cara lain yang bisa digunakan yaitu, Kulit luar dahan tanaman patah tulang digiling halus, tempelkan di atas tulang yang patah, kemudian dibalut.

Cara lain yakni, 3/4 genggam tangkai dan daun tanaman patah tulang digiling halus bersama 1 genggam daun srigi. Remas dengan 4 sendok air garam, dihangatkan sebentar. Dipakai untuk menurap bagian tubuh yang patah, lalu dibalut dengan daun bakung/kulit randu, Diganti 2 kali sehari.


Untuk Pengobatan Herbal Sakit Gigi

Caranya adalah dengan meneteskan getah tanaman patah tulang pada bagian gigi yang sakit, lakukan 2 kali sehari. Namun perhatikan, jangan sampai tertelan karena getah tanaman ini mengandung racun yang bisa menyebabkan mual, muntah dan sakit kepala.

Walau begitu, penting untuk digarisbawahi bahwa penemuan-penemuan tersebut hanya bersifat melaporkan apa yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Ini berarti, tentunya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dan lebih luas yang bisa memberikan bukti ilmiah terhadap manfaat tanaman patah tulang untuk menyembuhkan fraktur maupun penyakit lain.

Anda juga harus berhati-hati dengan tanaman patah tulang ini. Jika mengenai mata, getahnya bisa mengakibatkan kebutaan sementara yang dapat berlangsung sampai beberapa hari hingga kebutaan permanen.

Terkait kondisi medis yang Anda alami serta langkah pengobatan yang hendak Anda lakukan. Hal ini tidak terkecuali dalam penggunaan obat tradisional lain, termasuk penggunaan daun patah tulang sebagai penyembuhan utama untuk tulang yang patah.

Tetaplah ke dokter untuk pengobatan patah tulang dan penyakit lainnya.

Tindakan yang diambil dokter tentunya akan bergantung pada tingkat keparahan cedera fraktur yang Anda alami.

Penanganan medis yang dilakukan bisa berupa closed reduction maupun open reduction. Closed reduction adalah prosedur yang tidak memerlukan operasi untuk mengembalikan tulang ke posisi semula. Sementara open reduction merupakan penanganan dengan prosedur operasi.


Sumber : sehatq.com, 24 Jun 2019

Kontributor : Arif Putra

Ditinjau oleh : dr. Anandika Pawitri

Editor : #kukuhdwihariadi

Related Posts
Admin
Hidup ini perjuangan, selalu semangat dan tersenyum untuk menghadapi kehidupan ini.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial
Cek PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial Nice Murah Promo Paket 10 Pack 5 Pack 2 Ply 180 Sheet Atau Tisu Nice Wajah dengan harga Rp32.900. Dapatkan di Shopee sekarang! Dengan kode BVS-JLE-CZM

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi