About Us

JEJAK POTENSI

Pemuda dan Aktivis Umat Beragama di Bojonegoro Peringati Haul Gus Dur ke 12, Adakan Bedah Film High Noon In Jakarta - JEJAK POTENSI

BOJONEGORO, jejakpotensi.com - GUSDURian Bojonegoro kali ini mengadakan Haul Gus Dur ke 12, dengan cara membedah film dokumenter Gus Dur saat masih menjabat jadi Presiden RI di Sematta coffee Bojonegoro, sabtu 08 Januari 2022.

"Dengan membedah film dokumenter tersebut, diharapkan akan menjadi pemantik semangat Keksatriaan para penggerak GUSDURian, khususnya GUSDURian Bojonegoro. "ungkap Aziz ketua panitia

Kord. GSUDURian Bojonegoro Hendro Sulistiyo menambahi. Bahwa GUSDURian itu sudah ada rel dalam melaksanakan roda-roda berjalannya komunitas. Yaitu dengan Sembilan Nilai Utama Gus Dur atau (9 NU GD), yang salah satunya adalah Keksatriaan. 

Nah, didalam film dokumenter yang berjudul  High Noon In Jakarta tersebut menggambarkan bagaimana sikap (Keksatriaan) Gus Dur dalam mengambil sikap sebagai presiden yang penuh resiko. Salah satu kebijakannya ialah memberhentikan menko polkam saat pelanggaran HAM di Timor Leste,"

Bapak Mahmudi (kanan baju biru) Kepala Bakesbangpol Bojonegoro 

Hadir juga Empat Pemantik diskusi bedah film, 

Pertama. Unsur pemerintahan yaitu Bapak Mahmudi (Kepala Bakesbangpol Bojonegoro). 

Beliau menuturkan, bahwa didalam film tersebut terdapat nilai-nilai yang sangat luar biasa yaitu Jiwa Kebangsaan yang ditunjukkan oleh Gus Dur kepada masyarakat seluruh Indonesia dan juga Dunia Internasional dalam menghadapi konflik tersebut.   Ungkapnya

Pemantik yang Kedua yaitu, 

Mr Ari Hakim (Unsur Pegiat Sejarah dari Kampung Inggris Pare Kediri). 

"Beliau menuturkan, Didalam film tersebut menggambarkan sangat jelas. Bahwa, Gus Dur rela berkorban dicaci-maki di olok-olok bahkan diteror demi membela siapa saja yang teraniaya. Karena Gus Dur membela manusianya, bukan latar belakangnya, Manusia semua sama, ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, punya hak sama. khususnya pada waktu konflik pelanggaran HAM di Timor Leste. Dan pada saat yang bertepatan juga, Gus Dur memberhentikan menko polkam. Meskipun sebenarnya Gus Dur sangat butuh Back up dari militer. Tapi, Gus Dur memilih memberhentikannya, demi apa (?) Demi Bangsa Indonesia Tercinta." 

Pemantik ketiga yaitu Bapak Agus Salim (Unsur pembelajar sastra dari Bojonegoro). 

Menyampaikan, Gus Dur gagal memiliki diri sendiri (?). 

(Tentu, hal itu sangat menarik perhatian para peserta diskusi). Bagaimana bisa Gus Dur gagal memiliki diri sendiri. 

Menariknya, tokoh satu ini suka membuat pernyataan yang memang membutuhkan daya cerna dan logika yang dalam. (Moderator menengahi) 

Lanjut Bapak Agus,Tentu Gus Dur sangat memiliki jiwa dan apapun dalam fikiranya, tapi Gus Dur merelakan jabatannya lepas. 

Seperti yang sudah kita lihat bersama, di film dokumenter tadi, keberanian Gus Dur disandingkan dengan seorang sheriff (dalam film High Noon In Jakarta), seorang sheriff sendirian mendatangi tantangan bandit yang akan menuntut balas, padahal dihari itu pula, Sheriff akan melangsungkan pernikahan dengan sang kekasih."

Ibu Wiwid Fransiska (Kepala Sekolah SMA Katolik Bojonegoro).

Pemantik terakhir, Ibu Wiwid Fransiska (Kepala Sekolah SMA Katolik Bojonegoro). 

"Semangat para anggota GUSDURian-GUSDURian untuk meneruskan apa yang telah dilakukan dan diwariskan oleh Gus Dur sangat luar biasa. Meskipun nantinya, dari Sembilan Nilai Gus Dur, kita hanya bisa melakukan dua atau bahkan satu, itu sudah luar biasa. 

Karena apa, saya sendiri sangat jarang atau bahkan tidak pernah berkumpul dengan banyak orang yang (mohon maaf) diskusi melingkar lintas Agama seperti ini. Dan di GUSDURian ini, saya menemukan banyak sekali saudara-saudara lintas Agama yang mau bersandingan dan menikmati kopi bersama." Pungkasnya (kuh/red)*

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro
‼️ SAVE ‼️ Pemkab Bojonegoro menggelar Gerakan Pangan Murah di sejumlah wilayah Bojonegoro. Catat tanggalnya dan pastikan jadwalnya. Antrilah dengan tertib dan rapi serta jaga kondusifitas di lokasi 😊 •••Beri tau ibumu dan sebarkan di grup WhatsApp keluarga sampai RT/RW 😉

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi