About Us

JEJAK POTENSI

Tradisi Nyekar, Bantu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

 

Foto : M. Luqman, Nabire. Acara Do'a dan Ziarah Bersama menjelang bulan Ramadhan.

JEJAK POTENSI - Setiap menjelang bulan Ramadhan, banyak tradisi yang dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. Salah satunya adalah berziarah ke makam keluarga atau nyekar. Selain mendoakan keluarga mereka yang telah tiada, tradisi nyekar juga dimanfaatkan untuk merawat dan membersihkan makam.


Menjelang Ramadhan tahun ini, beberapa tempat pemakaman umum di Kabupaten Bojonegoro dipenuhi warga yang melaksanakan tradisi ini. 


Tradisi nyekar ini tentu menjadi berkah tersendiri bagi para penjual bunga boreh atau kembang telon tiga rupa. Tak sedikit kita jumpai setiap pasar tradisional pasti menemukan penjual bunga boreh dari pasar besar bingga pasar pagi (pasar templek), di kawasan pasar kota Bojonegoro sendiri sepanjang Jalan Imam Bonjol, penjualan tampak menjamur dari sisi utara pertokoan pasar Kota hingga timur.


Bardi, asal Kecamatan Soko Tuban, sudah 10 tahun ini berjualan bunga borah, menurut Bardi alasan utama peningkatan karena memang adanya momen nyekar jelang puasa ramadan tahun 2022.


"Kalau hari-hari biasa ya lumayan sepi, menjelang puasa ini ramai. Apalagi H-1 Puasa seperti ini," tutur Bardi.


Bardi juga menjelaskan alasan mengapa bunga boreh banyak digemari bagi masyarakat Jawa. Biasanya bunga tabur tiga rupa dipergunakan oleh masyarakat saat melakukan tradisi nyadran maupun ziarah kubur.


"Kembang telon isinya ada tiga, bunga mawar, kenanga,cempaka putih/kembang kantil. Untuk harga biasanya bervariasi, tergantung dari penjual sendiri," imbuhnya.


Saat melihat moment ini. ia merasakan penjualan bunga boreh mengalami kenaikan dua kali lipat dari hari biasanya. Hal ini tentu juga menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang.


"Alhamdulillah omzet penjualan lumayan meningkat. Dibanding hari-hari biasanya," pungkasnya. (Kuh/Dew) 

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial
Cek PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial Nice Murah Promo Paket 10 Pack 5 Pack 2 Ply 180 Sheet Atau Tisu Nice Wajah dengan harga Rp32.900. Dapatkan di Shopee sekarang! Dengan kode BVS-JLE-CZM

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi