About Us

JEJAK POTENSI

Kopi Robusta, 5 Jenis Pilihan Robusta Terbaik.

 

Sumber Gambar: pintres.com Jenis Kopi Robusta

Jejak Potensi - Kopi Robusta adalah minuman hitam beraroma khas dengan cita rasa sedikit pahit ini, meninggalkan bekas di lidah yang tak terlupakan. Membuat seseorang yang menyicipinya terbuai nikmat. Nah, apa saja jenis kopi robusta terbaik di Indonesia saat ini? Bagi Anda yang belum tahu, mari kita simak bersama di bawah ini, ya!

Di dunia, Indonesia hanya terkenal dengan jenis kopi arabika saja, tetapi jenis kopi robusta pun ikut menonjol. Jenis kopi robusta terbaik di Indonesia ini menjadi kopi terlaris kedua di dunia setelah kopi arabika. Jadi jangan salah kalau kita patut berbangga ya.

Diambil dari nama robust, yang berarti kuat, kopi robusta ini merupakan turunan dari kopi berjenis Coffee Canephora. Jenis kopi ini tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 400-800mdpl yang paling baik untuk membudidayakan tanaman kopi tersebut.

Adapun suhu terbaik untuk membudidayakan kopi robusta adalah sekitar 24-30̊ C dengan curah hujan 2.000-3.000mm per tahun.

Di samping itu, kopi robusta cocok ditanam di daerah tropis yang basah. Biasanya, tanaman ini akan berbuah ketika umur 2-5 tahun. Untuk menghasilkan buah yang baik, setidaknya tanaman ini membutuhkan waktu kering 3-4 bulan dalam setahun dengan beberapa kali turun hujan.

Di Indonesia pun banyak daerah-daerah yang berpotensi sebagai penghasil biji kopi terbaik. Setiap jenis kopi robusta terbaik di Indonesia ini biasanya juga digunakan untuk membuat minuman kopi berbasis susu seperti cappuccino, café latte dan macchiato . Sehingga banyak sekali anak muda yang menggemari kopi ini.

1. Robusta Lampung

Jenis kopi robusta terbaik di Indonesia hingga terkenal ke mancanegara adalah kopi robusta asal Lampung, Sumatera Barat. Jenis kopi robusta Lampung ini ditanam di dataran rendah pada ketinggian 600 mdpl dengan kondisi tanah yang subur dan letak geografis yang bagus. Itulah mengapa kopi robusta Lampung memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari kopi robusta lainnya.

Seperti yang disebut sebelumnya jenis kopi robusta lampung ini memang sudah terkenal hingga mancanegara. Kemudian, jenis kopi robusta lampung ini juga menjadi penyumbang ekspor terbesar di Indonesia.

Kopi lokal yang satu ini punya aroma yang unik, mirip rempah-rempah dan rasa coklat. Kalau Anda cari kopi berkualitas, wajib cicipi kopi robusta ini. Kopi robusta lampung ini akan sangat nikmat disajikan dalam wujud espresso ataupun kopi tubruk.

Soal teksturnya, kopi robusta lampung ini memiliki tekstur yang halus dan lembut meski dominan pahit. tapi tenang saja kopi ini mengandung yang cukup ideal dan aman untuk dikonsumsi.

2. Robusta Jawa

Beralih ke pulau jawa, jenis kopi robusta terbaik di Indonesia juga ada yang berasal dari pulau jawa. Pasti tak kalah pamor dari jenis kopi robusta lampung. Kopi robusta jawa juga sampai ke beberapa negara di dunia seperti Eropa.

Namun, penikmat kopi lebih mengenalnya dengan nama Java Robusta atau Java Mocha. Salah satu daerah penghasil kopi robusta Jawa yang paling populer adalah Temanggung.

Daerah ini merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah yang dikenal memiliki tanah yang subur. Sangat cocok untuk membudidayakan tanaman kopi di daerah ini. Kalau Anda termasuk penikmat kopi ringan, maka kopi robusta Jawa bisa jadi pilihannya.

Kopi robusta Jawa memiliki karakteristik beraroma beragam dengan kekentalan dan ketersediaan medium dan rasa yang seimbang. Cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan termasuk Anda yang pemula.

3. Robusta Dampit Malang

Selain Kopi Java yang terkenal, ada pula kopi dari Dampit Malang yang termasuk dalam jenis kopi robusta terbaik di Indonesia.

Sudah sejak lama Dampit dijadikan sebagai pusat pengepulan komoditas pertanian dari beberapa kecamatan di Malang Selatan. Pemerintah Hindia Belanda adalah yang awalnya membuka sentra penampungan berbagai komoditas pertanian di Dampit untuk memudahkan sistem dagang mereka saat itu.

Perkebunan Kopi Robusta Dampit ini terletak di kaki Gunung Semeru yang termasuk sebagai kawasan dataran tinggi Tengger. Dengan ketinggian 900 mdpl merupakan salah satu penanaman penanaman kopi unggulan.

Di luar negeri, terutama di Eropa, kopi robusta Dampit sangat terkenal, terutama jenis kopi Robusta. Kopi jenis Robusta asal Dampit dianggap memunyai rasa yang spesial dan berbekas.

Kopi robusta Dampit dengan metode kering atau umumnya disebut dengan proses kering. Setelah disangrai aroma yang dapat tercium terutama dalam proses penggilingan akan tercium aroma karamel serta manisnya khas roti yang baru matang.

Aroma milk chocolate dan karamel ditambah dengan wangi khas kopi yang harum sekali saat disajikan sebagai coffee drip. Saat diminum terasa full body (kekentalan yang penuh) ditambahkan dengan acidity yang rendah dengan sensasi akhir rasa karamel dan sedikit aroma earthy yang terasa dan tercium cukup lama.

Anda juga bisa menambahkan susu kental manis, akan muncul aroma milk chocolate dan menambah rasa gurih dan meninggalkan aftertaste karamel yang cukup lama.

Tak salah bila tempat asal kopi Dampit ini bertahun-tahun menempati posisi pertama sebagai penghasil kopi terbesar di Jawa Timur dan sangat laris di negara-negara Eropa.

4. Robusta Pupuan Bali Tabanan

Jenis kopi robusta terbaik di Indonesia, Anda bisa menggunakan kopi robusta Pupuan Bali Tabanan. Kopi yang memilki rasa yang unik serta beraroma wangi cokelat nan menggoda.

Rasanya tidak terlalu pahit, karena biji kopi tumbuh di atas ketinggian 400-700 mdpl, ditambah cuacanya yang sejuk. Serta diikuti dengan metode tumpang sari dengan tanaman kakao (cokelat).

Belakangan ini, cita rasa kopi dari Pulau Dewata itu terus dikembangkan, karena banyak orang mengenal kopi arabika Kintamani yang telah mendunia. sebagian dari Anda mungkin belum mengenal kopi yang ditanam di daerah Pupuan oleh petani lokal.

Para ahli cita rasa kopi menyebutkan kopi Robusta Pupuan asal Bali memiliki cita rasa yang khas coklat. Kopi rasa coklat ini didapatkan karena faktor cara tanam dan lingkungan sekitarnya. Kopi Robusta Pupuan pun sempat memenangkan 3 kali juara untuk tingkat nasional dan 2 kali juara untuk tingkat internasional.

Taiwan dan Italia menjadi pelanggan terbanyak kopi robusta pupuan khas bali.

5. Robusta Flores

Jenis kopi robusta terbaik di Indonesia selanjutnya berasal dari provinsi Flores. Flores memang terkenal dengan penghasil kopi ternikmat selain jenis kopi arabika. Tak salah bila kopi robusta asal flores ini sudah sangat terkenal di luar negeri, seperti negera-negara Eropa.

Kopi ini punya cita rasa yang terbaik diantaranya adalah cereal, wheat, nutty dan good body. Kopi robusta Flores juga banyak dijual atau dijadikan bahan pembuatan kopi di berbagai kafe dan kedai kopi. Rasanya yang unik dan khas memiliki banyak penggemar setia.

Setiap jenis kopi robusta terbaik di Indonesia ini biasanya juga digunakan untuk membuat minuman kopi berbasis susu seperti cappuccino, café latte dan macchiato. Sehingga banyak sekali anak muda yang menggemari kopi ini.

Itulah beberapa jenis kopi robusta terbaik di Indonesia yang sangat terkenal dengan cita rasa masing-masing kopi yang khas. Kitapun patut berbangga karena Indonesia mampu mengekspor kopi terbaik unggulan di beberapa negara besar di dunia. Begitupun tak lepas dari peran serta kerja keras dari petani lokal.


Related Posts
Admin
Hidup ini perjuangan, selalu semangat dan tersenyum untuk menghadapi kehidupan ini.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro
‼️ SAVE ‼️ Pemkab Bojonegoro menggelar Gerakan Pangan Murah di sejumlah wilayah Bojonegoro. Catat tanggalnya dan pastikan jadwalnya. Antrilah dengan tertib dan rapi serta jaga kondusifitas di lokasi 😊 •••Beri tau ibumu dan sebarkan di grup WhatsApp keluarga sampai RT/RW 😉

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi