About Us

JEJAK POTENSI

Lakukan 5 Cara ini, Agar Lingkungan Kerja Sehat

 

Sumber: pinterest.com / Ilustrasi lingkungan kerja 

Jejak Potensi - Lingkungan kerja yang sehat menjadi checklist yang wajib diperhatikan oleh setiap kantor. Idealnya, setiap karyawan di kantor pasti mengharapkan kesehatan lingkungan kerja tetap terjaga sehingga suasana bekerja menjadi nyaman. Kantor yang bebas sampah, debu, dan kotoran pasti lebih sedap dipandang. Karyawan juga lebih betah untuk bekerja di ruang kerja yang terjaga kebersihan dan kesehatannya.


Untuk mengetahui cara menjaga kesehatan lingkungan kerja yang tepat, simaklah pembahasan dari Jejak Potensi dalam artikel ini.


Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan Kerja?

Menjaga kesehatan lingkungan kerja tidak sulit. Kita bisa memulainya dari cara yang sederhana. Jangan remehkan beberapa tips sederhana ini karena bisa membantu meningkatkan kesehatan karyawan Anda.


1.   Menyediakan Konsumsi Sehat

Bila perusahaan menyediakan katering makan siang dan snack di kantor, pastikan bahwa mereka menyediakan makanan yang sehat dan bergizi. Perusahaan bisa menyediakan buah-buahan sebagai alternatif kudapan untuk karyawan. Untuk makan siang, mereka bisa memilih dan memercayakan katering yang sehat serta bisa memenuhi standar gizi karyawan.


Perusahaan juga bisa menyediakan minuman sehat, seperti air putih atau jus. Makanan yang tidak sehat, seperti makanan manis, apabila dimakan secara terus-menerus akan mempengaruhi kesehatan karyawan.


2.   Mengadakan Program Aktivitas Fisik

Sebelum jam kerja dimulai, perusahaan bisa menyediakan program aktivitas fisik, seperti senam mini selama 15 menit. Perusahaan juga bisa menyediakan program olahraga di luar jam kerja, seperti bulu tangkis, futsal, basket, dan lain-lain untuk menunjang kesehatan para karyawannya. Apabila sulit menjalankan program olahraga, perusahaan bisa menganjurkan para pekerjanya untuk lebih aktif secara fisik lewat imbauan. Caranya, mengimbau untuk menggunakan tangga daripada lift, jalan-jalan singkat di jam makan siang, dan lain-lain.


3.   Menyediakan Ruang Kerja yang Sehat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ruang kerja yang sehat bisa membawa banyak manfaat bagi karyawan dan perusahaan. Ruang kerja yang baik memiliki sirkulasi udara yang bagus. Tentunya hal ini penting mengingat karyawan membutuhkan udara yang segar untuk dihirup. Perusahaan juga bisa menyediakan balkon atau taman hijau di lingkungan kerja sebagai tempat relaksasi.


Pencahayaan alami juga membuat lingkungan kerja menjadi sehat, meskipun ruang kerja yang disediakan bersifat indoor. Apalagi, penggunaan lampu fluorescent di ruang kerja berpotensi menyebabkan sakit kepala dan mata bagi para pekerjanya, terutama untuk mereka yang bekerja dengan komputer.


4.   Menghias Ruang Kerja dengan Tanaman Hidup

Siapa sangka, kehadiran tanaman hidup bisa meningkatkan kesehatan lingkungan kerja. Tanaman hidup tidak hanya berguna menjadi dekorasi, tetapi juga bisa menjadi sarana  menghilangkan stres para karyawan di dalamnya. Selain itu, tanaman hidup juga membantu memproduksi oksigen, sehingga bisa meningkatkan kesehatan para pekerja.


5.   Membangun Koneksi Antar Rekan Kerja

Langkah terakhir ini ternyata bisa membantu meningkatkan kesehatan para karyawan. Tak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental dan emosional para karyawan juga perlu dijaga karena keduanya saling berpengaruh. Apalagi delapan jam bahkan lebih waktu karyawan digunakan untuk bekerja di dalam kantor, sehingga bukan tidak mungkin emosi mereka juga dicurahkan saat bekerja.


Bangunlah koneksi dengan sesama rekan kerja. Caranya sederhana, tunjukkan saja dukungan untuk mereka ketika bekerja atau mengejar target dalam proyek. Bangun juga kepercayaan dan kejujuran antar kolega di kantor karena itu merupakan hal esensial dalam membangun lingkungan kerja yang sehat.


Lima langkah menjaga kesehatan lingkungan kerja dari Jejak Potensi di atas sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Praktikkan cara-cara di atas agar lingkungan kerja Anda terjaga kebersihannya, sehingga karyawan menjadi produktif dan perusahaan bisa mencapai keuntungan yang besar.


Dari daftar di atas, salah satu cara menjaga kesehatan lingkungan kerja adalah menyediakan konsumsi yang sehat.


Related Posts
Kukuh Dwi Hariadi
Penulis ini bukan seorang penulis profesional, penulis hanya sering berkegiatan sosial ekonomi.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial
Cek PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial Nice Murah Promo Paket 10 Pack 5 Pack 2 Ply 180 Sheet Atau Tisu Nice Wajah dengan harga Rp32.900. Dapatkan di Shopee sekarang! Dengan kode BVS-JLE-CZM

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi