About Us

JEJAK POTENSI

Istri Hamil, Perhatikan Mitos Berikut Untuk Suami



Masa-masa kehamilan hingga persalinan memang bukan hanya menjadi momen bahagia yang ditunggu, tetapi juga bisa menjadi masa sulit untuk Bunda dan suami. Banyak sekali pantangan dari orang tua kita yang sudah turun-temurun menjadi mitos tersendiri. Atau, Bunda mendengarnya dari ‘katanya’ dari berbagai orang yang Bunda temui.

Mungkin, Bunda mendengar jika suami tidak boleh merendam baju terlalu lama, membunuh hewan, bahkan hingga tidak boleh untuk berhubungan seksual. Apakah Bunda mempercayainya?


Mitos pantangan suami

Sebagai orang yang biasa hidup dengan berbagai ‘katanya’ dan ‘pamali’, memang mitos seputar kehamilan dan pantangan terhadap suami menjadi dilema tersendiri bunda. Berikut kami rangkum berbagai mitos pantangan suami ketika istri sedang hamil dari berbagai sumber.


Namun pertanyaan, apakah semua ini memang fakta atau sekadar mitos belaka?


Tidak bisa dipungkiri, saat istri hamil, khususnya pada kehamilan pertama, tidak sedikit para suami yang merasa bingung dan khawatir.

Maka dari itu, tak heran jika ada pantangan-pantangan yang dibuat oleh masyarakat untuk menjaga ibu hamil yang sedang mengandung.


Namun sebenarnya, pandangan ini hanyalah mitos belaka.

Pasalnya, kondisi bayi terlahir cacat disebabkan oleh berbagai macam faktor, dan cacat lahir ini bisa mulai terjadi pada setiap tahap kehamilan.

Perlu dipahami juga bahwa cacat lahir bisa muncul karena faktor genetik, gaya hidup dan perilaku ibu hamil, penggunaan obat atau bahan kimia lain, infeksi selama kehamilan, atau kombinasi dari semua faktor ini.

Pantangan yang tersebar di masyarakat ini hanya dimaksudkan untuk mengingatkan agar para suami lebih hati-hati saat istri mengandung.


1. Suami tidak boleh membunuh hewan

Salah satu pantangan yang populer di kalangan masyarakat kita adalah, suami tidak boleh membunuh hewan saat istrinya sedang mengandung. Mitos ini mengatakan, apabila suami membunuh hewan pada saat istri mengandung, dipercaya anaknya akan lahir cacat.


Pantangan ini hanyalah mitos semata. Si Kecil yang nantinya lahir tidak ada hubungannya dengan pantangan tersebut. Bayi yang lahir tidak sempurna dipengaruhi oleh berbagai alasan. 


Seperti gaya hidup yang dijalani, pengaruh obat yang dikonsumsi selama kehamilan, hingga faktor genetik dan infeksi. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir tentang pantangan ini ya.


2. Suami tidak boleh merendam cucian terlalu lama

Satu lagi pantangan yang mungkin akan menyulitkan Bunda. Ketika sedang mengandung, sangat masuk akal apabila suami membantu Bunda untuk mencuci pakaian. Namun, mitos mengatakan suami tidak boleh merendam cucian terlalu lama. 

Konon, jika pantangan ini dilanggar, kaki Bunda akan bengkak. Tentunya, mitos ini tidak berdasarkan dengan fakta yang ada.

Faktanya, kaki yang bengkak bisa saja disebabkan oleh berbagai alasan yang tidak ada kaitannya dengan pantangan tersebut. Kaki bengkak pada saat hamil adalah hal yang sangat wajar. Perubahan hormon serta berubahnya bentuk tubuh karena menyesuaikan dengan janin yang ada di dalam rahim adalah penyebabnya.


3. Tidak boleh melakukan hubungan seksual saat hamil

Salah satu pantangan yang paling populer adalah tidak boleh melakukan hubungan seksual selama istri mengandung. Tentunya, pantangan ini adalah pantangan yang sulit. Tapi, apakah hal ini benar adanya?

Tenang, Bunda. Pantangan ini hanyalah mitos belaka. Faktanya, Bunda dan Suami masih diperbolehkan untuk melakukan hubungan seksual selama hamil. Hanya saja, Bunda perlu memperhatikan berbagai aspek agar bisa tetap berhubungan dengan aman.

Namun, sebelum berhubungan, ada baiknya Bunda dan Suami berkonsultasi dengan dokter. Sebab walau bagaimanapun, ada kemungkinan Bunda dan suami tidak bisa berhubungan seksual apabila kondisi bayi terlalu lemah.


4. Tidak boleh menjahit kain dengan jarum

Saat istri sedang hamil, baik suami maupun istri tidak boleh menjahit kain dengan jarum.

Konon tindakan ini bisa berisiko membuat janin dalam perut menjadi cacat saat dilahirkan.

Mitos yang satu ini memang tidak berbeda jauh dari pantangan yang mengatakan suami tidak boleh menyakiti dan membunuh binatang.

Pandangan ini pun jelas hanya mitos belaka.


5. Harus peduli pada istri dan tidak boleh bersikap kasar

Bagaimana pandanganmu dengan hal ini? 

Untuk pantangan yang satu ini tentu saja bukan sekadar mitos belaka.

Seorang suami memang perlu memberikan perhatian, kasih sayang dan tidak diperbolehkan untuk melakukan kekerasan pada istrinya, baik kekerasan fisik, psikis dan tentu saja kekerasan segi finansial.

Sikap ini tentu saja berlaku dalam kondisi apapun, tak hanya saat Istri sedang mengandung saja.

Saat mengandung, seorang perempuan tentu saja mengalami perubahan yang sangat besar.

Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon sehingga fluktuasi emosi seperti mudah sedih, marah, dan kecewa sering kali terjadi pada ibu hamil.

Kondisi ini biasanya lebih terasa saat usia kehamilan trimester pertama, karena ibu hamil masih butuh penyesuaian.

Maka dari itu, sebagai support system utama, suami perlu memahami mood istri yang naik turun seperti roller coaster saat hamil.

Para suami memang sebaiknya perlu berhati-hati dalam bertutur kata dan bersikap.


Nah, itulah beberapa fakta mengenai pantangan suami saat istri hamil. Kira-kira, ada yang relevan dengan suami nggak nih, Ma? Tapi jangan sampai fakta tentang pantangan ini malah menimbulkan perdebatan ya.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro
‼️ SAVE ‼️ Pemkab Bojonegoro menggelar Gerakan Pangan Murah di sejumlah wilayah Bojonegoro. Catat tanggalnya dan pastikan jadwalnya. Antrilah dengan tertib dan rapi serta jaga kondusifitas di lokasi 😊 •••Beri tau ibumu dan sebarkan di grup WhatsApp keluarga sampai RT/RW 😉

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi