About Us

JEJAK POTENSI

Program Ayam Petelur di Sukoharjo, Kontribusi EMCL dalam Meningkatkan Ekonomi Desa

DOKUMENTASI MUSDES : Pemdes Sukoharjo bersama Ademos dan EMCL menggelar musyawarah desa program pengembangan ayam petelur.

Jejak Potensi, Bojonegoro – Potensi keuntungan dari usaha peternakan ayam petelur masih menggiurkan bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Apalagi saat ini harga telur masih tinggi dan permintaan pasar terus meningkat.

Hal itulah yang melatarbelakangi operator lapangan minyak Banyu Urip, Blok Cepu, menggulirkan program pengembangan masyarakat (PPM) berupa usaha peternakan ayam petelor. EMCL menggandeng lembaga swadaya masyarakat (LSM) Ademos, sebagai pendamping program.

EMCL menggulirkan program usaha peternakan ayam petelur di Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu. Desa ini merupakan desa ring satu lapangan Kedung Keris (KDK), Blok Cepu.

Kepala Desa Sukoharjo, Sulistiyawan mendukung PPM berupa usaha peternakan ayam petelur di desanya. Sulis, panggilan akrabnya, melihat bisnis ternak ayam petelur memiki potensi bagus untuk meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat Sukoharjo

“Kebutuhan telur Bojonegoro mencapai 7.995 ton per tahun,” ucap Sulis saat musyawarah desa PPM EMCL di balai desa setempat, Selasa (11/7/2023).

Sulis kemudian merujuk pada analisa bisnis yang dibuat oleh LSM Ademos. LSM lokal Bojonegoro yang berkantor di Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, ini memberikan gambaran potensi keuntungan yang bisa dikembangkan oleh BUMDES Sukoharjo melalui bisnis peternakan ayam petelur.

“Kami yakin BUMDES memiliki kapasitas dalam mengembangkan potensi ini, demi peningkatan ekonomi desa,” tegasnya.

Program peternakan ayam petelur di Desa Sukoharjo diyakini akan mampu berkembang. Sebab, program ini didukung penuh oleh EMCL. Dan, LSM Ademos juga akan mendampingi pengelolaan usaha, evaluasi bisnis, dan membuka akses pasar.

“Hari ini kita sosialisasi dan bermusyawarah dengan seluruh unsur masyarakat desa agar konsepnya matang, programnya transparan, dan dilakukan oleh masyarakat, untuk kepentingan masyarakat,” ungkap Sekretaris Ademos, A. Shodiqurrosyad.

Program peternakan ayam petelor ini merupakan bentuk kontribusi dan komitmen EMCL untuk terus mendukung pemerintah dalam peningkatan ekonomi masyarakat, terutama di wilayah sekitar operasi. Program pengembangan ayam petelur ini merupakan ide usaha yang diusulkan Pemdes Sukoharjo sebagai potensi desa.

“Kami mendukung upaya pengembangan ekonomi desa yang berkelanjutan, termasuk usaha BUMDes yang berbasis potensi,” tegas perwakilan EMCL, Slamet Rijadi.

Menurut Slamet, PPM yang telah setujui SKK Migas ini merupakan hasil musyawarah dan koordinasi dengan pemerintah mulai dari tingkat desa hingga kabupaten.

“Kami ingin semua program memberi manfaat berkelanjutan bagi masyarakat dan didukung oleh semua pihak,” pungkasnya.(red)*

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial
Cek PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial Nice Murah Promo Paket 10 Pack 5 Pack 2 Ply 180 Sheet Atau Tisu Nice Wajah dengan harga Rp32.900. Dapatkan di Shopee sekarang! Dengan kode BVS-JLE-CZM

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi