About Us

JEJAK POTENSI

Inilah Cara Memakai Headset yang Benar dan Aman

 


Jejak Potensi - Ada berbagai alasan untuk memakai headset – sebagai alat komunikasi, mendengarkan lagu dengan kualitas yang baik, mendengarkan podcast, atau supaya audio yang kita dengar tidak mengganggu orang lain. Selain itu, headset bisa digunakan untuk memblokir suara bising dari luar agar tidak sampai pada pendengaran kita, atau yang biasa disebut noise-cancelling.


Maraknya pemutar audio streaming berbayar seperti Joox, iTunes, dan Spotify juga semakin mendukung kebiasaan menggunakan headset. Pasalnya, menggunakan headset bisa benar-benar membuat kita menghayati lagu dan terhanyut pada setiap instrumen yang terdengar.


Tapi, apakah kamu tahu ada cara memakai headset yang benar? Cara ini supaya kamu bisa memaksimalkan penggunaan headset – dan supaya pemakaiannya tidak merusak kesehatanmu. Penasaran bagaimana caranya? Silakan simak cara-cara memakai headset yang benar berikut ini!


1. Perhatikan Bagian Mana yang "L" dan "R"

Karena telingamu ada dua, sudah sewajarnya headset diciptakan sepasang – yang kanan dan yang kiri. Headset tertentu biasanya sudah menentukan bagian-bagian tersebut dengan menuliskan huruf "L" untuk left (kiri) dan "R" untuk right (kanan).


Ada beberapa alasan untuk penandaan ini. Misalnya, untuk headset dengan desain bodi tertentu, bagian-bagian ini tidak akan terpasang dengan pas kalau dipakai terbalik – sama seperti sepatu. Ada pula headset yang dua bagiannya interchangeable, tidak masalah dipakai di sebelah mana. Biasanya tidak akan ditemukan tanda "L" dan "R" di sini.


Tapi, kalau kamu sedang menonton film di laptop, penandaan ini cukup penting karena terkadang ada suara yang lebih terdengar jelas di bagian kiri (misalnya ada suara tembakan atau dialog tertentu). Dengan memasangkan headset dengan benar, pengalaman menonton kamu bisa jadi lebih immersive.



2. Pasang Sebelah Dulu, Baru Satunya Lagi

Untuk headset seperti earphone atau earbuds yang tidak menggunakan bando, kamu bisa memasang kedua bagian sekaligus. Tapi, cara ini tidak disarankan karena kamu jadi tidak bisa fokus merapatkan tips atau buds pada kanal telinga.


Masukkan bagian kanan terlebih dahulu, dan pastikan posisi tips-nya sudah cocok. Kalau belum terlalu pas, biasanya headset akan mudah tercopot. Goyangkan ke atas dan ke bawah sambil dimasukkan dan pastikan posisinya sudah tidak longgar. Ulangi langkah yang sama untuk sebelah kiri.


2. Cocokkan Ukuran Ear Tips dengan Telinga

Sudah coba dimasukkan tapi masih longgar? Atau malah tidak bisa masuk sama sekali? Ini berarti tips pada headset kamu tidak sesuai dengan ukuran kanal telinga. Tips adalah karet yang menempel pada earphone sebagai dudukan telinga.


Jika kamu membeli headset original dengan merk tertentu, mungkin ada tambahan tips dengan berbagai ukuran. Atau, kamu juga bisa membelinya secara online dari berbagai marketplace yang tersedia.


Tinggal ganti saja eartips-nya dengan yang baru. Caranya, lepaskan kedua tips yang menempel pada headset dari bagian bawah karet, jangan dari atas supaya karetnya tidak melar.


Setelah keduanya copot, pasangkan sebelah eartip yang lebih kecil atau lebih besar. Pastikan lubang dengan earphonenya sejajar saat dipasangkan. Kemudian, cobalah masukkan satu bagian pada telinga. Kalau ukurannya sudah nyaman, ulangi proses tadi pada bagian satunya lagi.


3. Hindari Volume Terlalu Keras


Berhati-hatilah jika menggunakan headset. Jika mendengarkan lagu dengan suara yang terlalu keras, hal ini akan membahayakan gendang telinga bahkan bisa sampai membuatmu ganteng (gangguan telinga).


Biasanya ada pemberitahuan pada layar HP jika volume suara melebihi batas yang disarankan. Jika indikator pada HP kamu berada dalam bentuk persen, volume yang disarankan adalah tidak melebihi 60%. Sah-sah saja terhanyut oleh lagu, tapi jangan lupakan kesehatan telingamu ya!

Oh iya, selain masalah kesehatan, volume yang keras juga bisa mengganggu lingkungan sekitar. Ya, meski sudah menggunakan headset, bukan tidak mungkin sayup-sayup lagu yang diputar bisa bocor keluar. Hal ini cukup sering terjadi jika volume terlalu kebesaran.


Cobalah untuk lepas headset-mu saat lagu diputar – perhatikan suara yang keluar. Jika lagu terdengar jelas, tandanya kamu perlu mengecilkan lagi volume-nya.


4. Hati-Hati Menggunakan Headset Saat Tidur

Kamu suka kesulitan tidur? Memang paling enak sambil mendengarkan lagu mellow supaya bisa tidur lelap. Supaya tidak mengganggu orang rumah, headset pun menjadi pilihan. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, lho!


Memakai tipe headset yang salah saat tidur justru akan semakin membuat tidurmu tidak nyaman, contohnya saat menggunakan headset yang jenisnya di kepala – tidur berbaring malah jadi sakit. Gunakan headset jenis in-ear supaya bebas pindah posisi tidur dan agar kepalamu tidak terasa berat.


Satu hal lagi, posisi kabel pada wired headset juga perlu diperhatikan agar tidak tertindih. Tidak jarang kabel yang sering tertindih apalagi tertarik membuat headset menjadi rusak atau bahkan membuat HP-mu terjatuh. Simpan HP pada tempat yang aman seperti meja nakas supaya hal ini tidak terjadi. Atau, lebih baik gunakan headset bluetooth.


Itu tadi beberapa cara memakai headset yang benar yang bisa kamu praktekkan agar telinga tidak sakit dan juga dapat mengoptimalkan penggunaan headset. Selamat mencoba!







Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro
‼️ SAVE ‼️ Pemkab Bojonegoro menggelar Gerakan Pangan Murah di sejumlah wilayah Bojonegoro. Catat tanggalnya dan pastikan jadwalnya. Antrilah dengan tertib dan rapi serta jaga kondusifitas di lokasi 😊 •••Beri tau ibumu dan sebarkan di grup WhatsApp keluarga sampai RT/RW 😉

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi