About Us

JEJAK POTENSI

Mengulik Perbedaan Gaji dan Pendapatan / Income

 

Jejak Potensi - Belakangan ini saya mendiskusikan dengan teman sekantor tentang bedanya GAJI dengan PENGHASILAN/INCOME Kadang kita sering mendengar, ada orang yang menyebut gaji karyawan, ada pula yang menyebut income. 

Apakah gaji dan Penghasilan ini hal yang sama, ataukah berbeda ya? 

Gaji dan income, atau yang kalau dialih bahasakan menjadi penghasilan, ini sekilas terlihat sama, tapi sebenarnya ada perbedaan dari keduanya yang perlu dipahami. Secara umum gaji lebih sesuai diberikan untuk seorang karyawan perusahaan atau pemerintah yang nominalnya pasti setiap bulan atau per tahunnya. Sedangkan penghasilan lebih sesuai diberikan kepada pelaku bisnis yang pendapatannya tidak bisa dihitung secara pasti setiap harinya atau bulannya. 

Simak lebih jelasnya uraian berikut ini.


Perbedaan Gaji dan Income 

Jika digali lebih dalam, perbedaan antara keduanya bisa dilihat dari sisi pengertian, sumber, dan cara perhitungannya. 


Apa Itu Gaji? 

Gaji biasanya berkaitan dengan keuangan dari hasil kerja aktif atau jasa yang jangka waktunya berperiode. Maksudnya, seperti gaji karyawan yang merupakan jumlah uang yang diterima perusahaan dari hasil menukarkan pikiran, tenaga, dan waktu kita untuk bekerja demi kepentingan perusahaan itu sendiri, yang kita terima secara teratur dalam periode tertentu. 

Misalnya, per bulan, per minggu, bahkan ada yang perhitungannya per tahun. 

Nah, perusahaan membayar gaji karyawan dari hasil penjualan produk pada pelanggan. Gaji karyawan biasanya diperhitungkan berdasarkan standar UMR, yang kemudian ditambah dengan berbagai hal lain. Misalnya seperti tunjangan kinerja, transportasi, uang makan, uang kehadiran, dan sebagainya. Dengan demikian, gaji karyawan itu bisa dibilang terdiri atas gaji pokok yang jumlahnya tetap dan benefit lain, yang besarannya bisa berubah tergantung kebijakan perusahaan.


Apa Itu Income? 

Nah, berbeda dengan gaji, sedangkan income itu berkesan lebih luas maknanya. Gaji bisa jadi termasuk penghasilan. Sementara, ada juga sumber penghasilan yang lain, misalnya hasil dari berbisnis, hasil investasi, hasil menyewakan properti, dan sebagainya.


Lalu kalau ditanya, berapa penghasilanmu? 

Maka, kamu boleh saja menjawab, penghasilanmu sekian juta rupiah, termasuk di dalamnya gaji, hasil investasi, hasil bisnis, dan berbagai jenis pemasukan lain yang kamu miliki. 

Gaji bersifat rutin setiap periode waktu tertentu, dengan nilai yang hampir sama juga setiap penerimaannya.

Penghasilan sangat bergantung dari effort atau pekerjaan yang kita lakukan, nilainya tidak tetap dan periode nya juga tidak tetap.

Nah, sekarang terasa kan perbedaan gaji dan penghasilan income, sampai di sini? Sama-sama merupakan pemasukan, baik gaji karyawan maupun income dari berbagai sumber ini harus dikelola dengan baik. 

Sebab, kalau enggak ya bisa membuat kondisi keuangan kita jadi tidak sehat. Indikasinya, kamu punya gaji berapa pun, penghasilan sebesar apa pun, pada akhirnya ya tetap mengalami kesulitan keuangan. Lalu, bagaimana cara mengelola keuangan dari gaji karyawan dan income ini? Yuk, simak tip-tip berikut ini dan ikuti Jejak Potensi.



Kontributor : Kukuh Dwi Hariadi, S.M,




Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Kritik dan saran, Scan disini.

Kritik dan saran, Scan disini.

Pemasangan Iklan di sini, Bayar Seikhlasnya.

Pemasangan Iklan di sini, Bayar Seikhlasnya.
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)