About Us

JEJAK POTENSI

Enumerator Pos Paud Bintang Sugihwaras Berkesempatan Memilih Karya Seni Kolase Terbaik

Foto; Bu Mulasih bersama Kukuh 

Jejak Potensi, Sebagai Enumerator, memang dulu waktu masih kuliah sering mengikuti kegiatan semacam ini. Hari ini, 6 November 2023 saya kembali bertugas sebagai Enumerator untuk melakukan kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Dinas Pendidikan tahun 2023 yang di tempat tugaskan di Pos Paud Bintang Sugihwaras, Desa Genjor Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Perjalanan mulai saya tempuh dari rumah Jatirogo Tuban mulai pukul 06.35 WIB dan berkat panduan Google Map akhirnya sampai di lokasi pas jam 08.30 WIB selanjutnya pihak sekolah mempersilahkan memulai kegiatan survey yang dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Meskipun badan capek atas perjalanan yang cukup menyita waktu. Tapi ini terasa asik dan menyenangkan, pasalnya tak terasa setelah melihat suasana bahagia dan riang yang dilakukan oleh para siswa dan wali murid di Pos Paud Bintang Sugihwaras.

Tugas Enumerator sendiri sebenarnya hanya sebatas menggali informasi, enumerator memang terdengar masih asing ya di telinga? Sebenarnya, profesi ini mudah ditemui saat pelaksanaan sensus penduduk. Kegiatan ini biasanya banyak dicari oleh biro survei dan sensus untuk membantu mereka dalam mengetahui informasi dari masyarakat yang tinggal di daerah tertentu.

Sederhananya, enumerator adalah seorang petugas lapangan yang membantu tim survei dalam pengumpulan data. Data tersebut nantinya akan mempermudah tim survei dan tim riset untuk memperoleh hasil yang akurat. Sebagai enumerator, saya mengumpulkan data dengan cara mendatangi lokasi tujuan survei yaitu di Pos Paud Bintang Sugihwaras yang mana wali muridnya lah yang menjadi responden secara langsung.

Selanjutnya Responden dikumpulkan oleh pihak sekolah, dan saya sebagai enumerator memberikan pengarahan kepada calon responden tersebut. Dengan demikian responden saya berikan penjelasan serta pengarahan untuk mengisikan data pribadi mereka masing-masing, setelah itu satu persatu saya panggil untuk menuju ke pertanyaan yang masih tersisa selanjutnya hingga selesai.

Pada kesempatan survei ini, saya juga merasa menikmatinya sebab selain sebagai fungsi enumerator saya pun dimintai pendapat atas karya yang akan diikut sertakan lomba oleh pihak Pos Paud Bintang. Kegiatan yang diadakan secara serentak oleh POS PAUD se-Kabupaten Bojonegoro.

Nama kegiatanya ini yaitu, Kolaborasi Anak dan Orang Tua Bidang Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro 2023.

Kata Bu Mulasih Kepala Pos Paud Bintang, Masing-masing lembaga diwajibkan mengikuti kegiatan dengan mengirimkan satu karya terbaiknya.

"Karya ini kanti akan dipilih satu terbaik mas, untuk dikirim ke tingkat Kecamatan dan dilakukan penjurian final ke Kabupaten" kata beliau sambil menunggu saya mengamati karya tersebut. 

Memang semua cukup kreatif dan unik, karya seni kolase. Komposisi material berbeda ini kemudian direkatkan pada bidang permukaan kertas yang dilapisi kardus untuk membentuk gambar.

Sebagaimana bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kolase dari berbagai jenis biji-bijian dan cangkang telur untuk perpaduan.

Menurutku dari keTiga Karya itu cukup memuaskan, dan pantas untuk menjadi tiga pilihan karya terbaik. Selanjutnya pihak sekolah yang akan menentukan dikirim satu karya terbaik untuk mengikuti perlombaan.

 

Kontributor: Kukuh Dwi Hariadi



Related Posts
Admin
Hidup ini perjuangan, selalu semangat dan tersenyum untuk menghadapi kehidupan ini.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro
‼️ SAVE ‼️ Pemkab Bojonegoro menggelar Gerakan Pangan Murah di sejumlah wilayah Bojonegoro. Catat tanggalnya dan pastikan jadwalnya. Antrilah dengan tertib dan rapi serta jaga kondusifitas di lokasi 😊 •••Beri tau ibumu dan sebarkan di grup WhatsApp keluarga sampai RT/RW 😉

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi