About Us

JEJAK POTENSI

Sinopsis Film Gadis Kretek, dan ulasan tentang kota M

Empat pemeran utama di serial "Gadis Kretek." Sumber: Netflix

Gadis Kretek diadaptasi dari novel bertajuk yang sama karya Ratih Kumala. Kamila Andini dan Ifa Isfansyah sebagai sutradara mengemas novel tersebut dengan sangat apik sehingga menghasilkan serial Netflix yang menarik untuk ditonton.
Tak tanggung-tanggung, para aktor dan aktris yang berperan di dalamnya pun memiliki banyak prestasi. Mulai dari Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Putri Marino, Arya Saloka, Ibnu Jamil, Tissa Biani, Sheila Dara, Sha Ine Febriyanti, dan masih banyak lagi.

Berikut Sinopsis dari Film Gadis Kretek

Alur cerita Gadis Kretek mengikuti kisah Raja (Ario Bayu), pemilik pabrik kretek Djagad Raja yang tengah sekarat. Di sisa umurnya, Raja ingin bertemu dengan Dasiyah atau Jeng Yah (Dian Sastrowardoyo) yang pernah menjadi cintanya di masa lalu.

Raja meminta anak bungsunya, Lebas (Arya Saloka) untuk mencari keberadaan Jeng Yah. Pencarian inilah yang membangun cerita Gadis Kretek. Lebas berusaha mewujudkan keinginan terakhir ayahnya menemukan keberadaan Jeng Yah.

Di tengah pencarian, Lebas bertemu dengan donatur koleksi museum kretek sekaligus anak dari Rukayah (Tissa Biani/Nungki Kusumastuti) bernama Arum (Putri Marino). Rukayah sendiri adalah adik Jeng Yah. Lebas dan Arum bekerja sama mencari tahu masa lalu keluarga yang selama ini tak diceritakan.

Jeng Yah adalah anak perempuan pemilik pabrik rokok Merdeka. Mimpinya untuk membuat saus campuran kretek sangatlah kuat. Namun, ia harus berhadapan dengan budaya patriarki di mana perempuan tak diperbolehkan memasuki ruang saus. Adanya perempuan di sana dipercaya membuat rasa saus menjadi asam.
Segala halangan tak lantas membuat Jeng Yah menyerah. Ia berhasil mematahkan stereotip tersebut dengan saus buatannya. Dari situ, merk rokok kretek baru bernama Gadis pun tercipta.
Mimpi memiliki rokok dengan saus buatannya tak lantas membuat Jeng Yah hidup bahagia. Ia harus menerima kenyataan bahwa bisnis kretek keluarganya hancur lebur menyusul tragedi 65. Selain itu, Raja kekasihnya lantas mencuri resep kretek Jeng Yah dan menikahi Purwanti (Sheila Dara), anak dari rival usaha kretek keluarganya. 

Apakah Lebas dan Arum bisa merangkai kisah cinta Raja dan Jeng Yah hingga menemukan titik terang? Tonton cerita selengkapnya pada serial Netflix Gadis Kretek!

Gadis Kretek lebih banyak menggunakan narasi dibandingkan dengan dialog dan mengangkat budaya Jawa khususnya mengenai pergerakan pabrik kretek pada masa awal berdirinya di Indonesia. 

Kota M menjadi latar belakang cerita Gadis Kretek.

Sedangkan yang menarik lagi yaitu kota dimana gadis kretek berada. Di Kota M ini, Dasiyah menjalani hidupnya dan juga perjuangannya sebagai Gadis Kretek.

Kota dengan satu huruf ini nyatanya bukan hanya sekedar kota fiktif. Ini adalah kota nyata. Kota 'M' adalah sebuah kota Muntilan. Kota ini berada di perbatasan Magelang dan Yogyakarta. Kota ini juga memiliki pabrik rokok terkenal pada masanya.  

Dalam Gadis Kretek, Rumah Residu Kedu yang berlokasi di Magelang ini jadi kediaman keluarga Idroes Moeria (Rukman Rosadi). Tim artisik cuma ngelakuin perubahan ringan karena vibes bangunan aslinya masih jadul banget. Mereka cuma mengubah perabot dan warna yang dibutuhkan tanpa mengubah struktur asli bangunan.

Rumah Residen Kedu merupakan kawasan cagar budaya bergaya indische empire yang dibangun pada awal tahun 1800-an. Kala itu, rumah ini menjadi kediaman Residen Kedu, pemimpin wilayah administrasi di Jawa Tengah pada masa penjajahan Hindia Belanda dan beberapa tahun setelahnya. Pada tahun 1830, rumah ini jadi saksi bisu perundingan Pangeran Diponegoro dengan pihak Belanda yang berujung pada penangkapan pangeran. Peristirwa tersebut pun diabadikan oleh Raden Saleh dalam lukisannya yang berjudul “Penangkapan Pangeran Diponegoro”.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro
‼️ SAVE ‼️ Pemkab Bojonegoro menggelar Gerakan Pangan Murah di sejumlah wilayah Bojonegoro. Catat tanggalnya dan pastikan jadwalnya. Antrilah dengan tertib dan rapi serta jaga kondusifitas di lokasi 😊 •••Beri tau ibumu dan sebarkan di grup WhatsApp keluarga sampai RT/RW 😉

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi