About Us

JEJAK POTENSI

Menjawab Isu Pemanasan Global, IDFoS Indonesia Laksanakan Diskusi Reboan Dengan Aksi Menjaga Lingkungan dan Hutan


Jejak Potensi - Pemanasan global telah menjadi isu paling mendesak yang dihadapi dunia, dampaknya sangat terasa mulai dari kenaikan suhu global, perubahan pola cuaca yang ekstrem, terancamnya keberdaan ekosistem alami, peningkatan intensitas bencana alam dan ancaman terhadap keberlanjutan kehidupan di bumi menjadi kenyataan yang sulit dihindari karena kurang kuat dan siap dengan adanya perubahan tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu adanya upaya bersama dari pemerintah, masyarakat, dan seluruh pihak untuk menjaga keberlanjutan hutan Indonesia. Hutan menjadi salah satu yang sangat penting dalam menjawab tantangan pemanasan global.

Untuk mendorong kesadaran akan pentingnya aksi menjaga lingkungan dan hutan serta menguatkan peran berbagai sektor dalam mengintegrasikan kebijakan untuk pelestarian lingkungan dan hutan yang berkelanjutan demi generasi mendatang, maka IDFoS Indonesia menggelar Diskusi Reboan dengan tema "Menghadapi Tantangan Perubahan Iklim: Peran Penting dalam Melestarikan Lingkungan dan Hutan".

Diskusi yang dilakukan secara luring dan daring ini dilaksanakan pada Rabu (13/12/2023) di Aula Mayor Sogo Universitas Bojonegoro. Acara dikemas dalam bentuk Diskusi panel dengan beberapa pemantik dan peserta aktif. Kegiatan kali ini merupakan rangkaian kegiatan harlah IDFoS Indonesia yang ke-25 Tahun.

Dari tiga narasumber yang diundang, dua hadir secara langsung. Di antaranya adalah Prof. Dr. Suratman, M.Sc dari Universitas Gajah Mada dan Ir. Teguh Dwi Putra, S.Pt, M.Sc. IPM dari Poltana Mapena. Sedangkan narasumber yang hadir secara virtual yaitu Nur Faizin dari BPSKL Wilayah Jawa.

Ada 60 peserta diskusi yang hadir, terdiri dari unsur pemerintah, perusahaan/swasta, organisasi masyarakat sipil serta akademisi dan media dari Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Blora. Empat kabupaten ini memiliki karakteristik yang mirip, sebab sama-sama berada di wilayah aliran Bengawan Solo dan memiliki luas hutan dengan karakteristik masyarakat yang relatif mirip.

Dimulai pukul 10.00 WIB, acara dibuka oleh Ketua IDFoS Indonesia Joko Hadi Purnomo. Dilanjutkan sambutan dari perwakilan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Kusnandaka. Moderator dalam Diskusi Reboan ini adalah Rizal Zubad Firdausi dari IDFoS Indonesia.

Ketua IDFoS Indonesia dalam sambutannya sekaligus membuka acara, menyampaikan bahwa Diskusi ini dilatarbelakangi oleh persoalan yang sekarang mengemuka dan dimasa mendatang akan sangat berpengaruh bagi pembangunan di Indonesia terutama di empat wilayah tersebut, pembangunan untuk pencapaian kesejahteraan.

Hasil diskusi ini harapannya nanti ada inisiasi gagasan-gagasan yang bisa memunculkan kebijakan agar bisa menjadi manfaat bagi kita semua, tambahnya.

Kusnandaka selaku Asisten Perekonomian Pembangunan Pemkab Bojonegoro ucapkan terimakasih kepada IDFoS Indonesia yang telah menginisiasi Focus Group Discussion yang hari ini kita tuangkan pikiran-pikiran dan fenomena-fenoma yang terjadi baik dari kekuatan kelemahan potensi dan ancamannya sehingga kita bisa mempunyai pemikiran-pemikiran solusi konstruktif dimasa akan datang. Masa yang akan datang itu lah tantangan kita, keluhan masa kemarin itu adalah sejarah dan bagian inputing bagi kita untuk berpikir lebih maju.

“Bojonegoro memang kaya akan SDA namun SDA ini terbatasi waktu, artinya kalau tidak dikelola dengan benar dan terstruktur maka dimasa yang akan datang lingkungan kita akan menjadi orang kaya calon miskin, kenapa demikian, kalau SDA sudah turun hasil produksinya maka lingkungan ini akan semakin tidak tertata jika tidak mempersiapkan diri akan terjun bebas seperti daerah-daerah lainnya, paparnya.

Bojonegoro diabad 16,17,18, sampai 20 punya kebanggaan dengan luas wilayah kawasan hutan 40%, maka secara tidak langsung bisa menangkap eco carbon yang luar biasa, namun saat ini jika kita amati di Bojonegoro wilayah barat dan selatan kita sudah tidak melihat itu , sudah tidak ada rindangnya hutan, apalagi kayunya tunggaknya saja sudah tidak ada, hal ini juga berpengaruh terhadap perubahan iklim karena tangkapan karbon tidak biss optimal.

Bapak Nur Faizin narasumber pertama menyampaikan terkait Perhutanan Sosial merupakan bagian mitigasi perasalahan kondisi lingkungan terutama dipulau jawa. Hutan di jawa sudah tidak baik-baik saja, tidak optimal lagi karena lahan beralih pertanian, perkebunan dan pemukiman.

Ada Program KKP (Kemitraan Kehutanan Perhutani) dan KKPP (Kemitraan Kehutanan Perhutani Produktif) kolaborasi para pihak Perum Perhutani, CDK, Pemerintah Kabupaten, untuk memfasilitasi para penggarap kawasan hutan. Sehingga selain masyarakat sejahtera, pertumbuhan ekonomi juga akan naik dan kita akan upayakan percepatan pemulihan kawasan hutan.

Dilanjut dengan paparan dari Prof. Dr. Suratman, M.Sc terkait Konservasi Hutan untuk Meningkatkan Mitigasi. Bliau menyampaikan bahwa dampak perubahan iklim menjadi permasalahan global. Indonesia harus mengambil bagian dari upaya mitigasi terhadap dampak perubahan iklim seperti mengurangi emisi karbon dan meningkatkan transportasi massal ramah lingkungan, meningkatkan pendidikan konservasi lingkungan yang berkelanjutan dengan melibatkan komunitas masyarakat adat, memperbanyak hutan kota dan ruang terbuka hijau dan lainnya.

Prinsip konservasi adalah jiwa, jiwa melestarikan dan melindungi, orang yang peduli bukan hutannya, kalau orang tidak punya jiwa itu hutan akan rusak, tuturnya.

Bliau berpesan, edukasi dan work aksi penting untuk hadapi tantangan perubahan iklim.

Kemudian narasumber yang terakhir Ir. Teguh Dwi Putra, S.Pt, M.Sc. IPM sampaikan paparan terkait integrasi sektor pendidikan dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan dan pelestarian hutan.

Menurut Ir. Teguh, kenapa harus diintegrasikan dengan pendidikan? jadi kalau bangunan biar kokoh pondasinya harus kuat, segala bentuk program dan pembangunan jika mau berhasil maka kuncinya adalah SDM, jadi bagaimana SDM harus terus kita support untuk terus melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Pendidikan dapat mengembangkan kemampuan dan dapat membentuk watak, sehingga SDM harus diberi bekal untuk menghadapi tantangan yang akan terjadi, dan dalam sisi aspek lingkungan bahwa semua harus bersepakat bahwa hutan harus berfungsi sebagai hutan,” ungkapnya. 

Di akhir sesi moderator menggarisbawahi bahwa peran berbagai pihak sangat diperlukan, sinergi secara bersama sama harus dilakukan dengan didahului riset serta berbagai keilmuan untuk membuat roadmap Lingkungan yang baik dan berkelanjutan, yang kemudian harus di ditindaklanjuti dengan regulasi yang mendukung. (Red)

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro
‼️ SAVE ‼️ Pemkab Bojonegoro menggelar Gerakan Pangan Murah di sejumlah wilayah Bojonegoro. Catat tanggalnya dan pastikan jadwalnya. Antrilah dengan tertib dan rapi serta jaga kondusifitas di lokasi 😊 •••Beri tau ibumu dan sebarkan di grup WhatsApp keluarga sampai RT/RW 😉

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi