About Us

JEJAK POTENSI

Manfaat Bawang Putih, Rasakah Khasiatnya untuk Kesehatan


Konsumsi bawang putih ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh.

Orang yang makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu, memiliki risiko 44 persen lebih rendah terkena kanker paru-paru.

Studi dalam jurnal Cancer Prevention Research telah melakukan wawancara tatap muka dengan 1.424 pasien kanker paru-paru dan 4.543 orang sehat. Kemudian ditanya, tentang pola gaya hidup seperti kebiasaan merokok dan seberapa sering makan bawang putih.

Hasilnya, hubungan pelindung antara asupan bawang putih dan kanker paru-paru telah diamati dengan pola dosis-respons menunjukkan, bahwa bawang putih berpotensi berfungsi sebagai agen kemo-preventif untuk kanker paru-paru.

Salah satu cara populer untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah dengan cara merebusnya dan meminum air rebusannya. Cara membuat rebusan bawang putih sangat mudah, cukup merebus beberapa siung bawang putih. Air rebusan bawang putih enaknya diminum selagi hangat.


Berikut manfaat air rebusan bawang putih untuk kesehatan:

1. Membantu mengobati jerawat

Dengan cara yang benar, bawang putih dapat membantu mengobati jerawat. Bawang putih yang dipotong atau dihancurkan akan melepaskan senyawa yang berguna sebagai pembersihan darah serta memiliki sifat antibiotik. Sehingga mereka akan membantu mengobati jerawat. Meski demikian, kita tetap harus melakukan pengobatan untuk jerawat, karena bawang putih hanya membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.


2. Meningkatkan kesehatan jantung

Siapa sangka bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kita. Bawang putih mampu mengurangi kolestrol dan menurunkan tekanan darah, sehingga ini akan mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu mengurangi kadar kolestrol.


3. Mencegah pembekuan darah

Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.


4. Mencegah kanker

Bawang putih memiliki sifat melawan kanker alami yang membantu sistem kekebalan tubuh kita. Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus, kanker pancreas, kanker prostat, kanker perut,kanker paru-paru, dan kanker payudara.

Bawang putih juga dikenal dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia, di antaranya sel kanker otak.

Senyawa organo-sulfur yang ditemukan dalam bawang putih ternyata efektif dalam menghancurkan sel-sel pada glioblastoma, yaitu sejenis tumor otak yang mematikan.

Sebuah penelitian dari Medical University of South Carolina dalam jurnal Cancer menyebutkan, senyawa-senyawa yang berasal dari tanaman bawang putih dikenal sebagai obat alami untuk mengendalikan pertumbuhan ganas sel-sel tumor otak manusia.


5. Membantu dalam perlawanan infeksi

Bawang putih mengandung allicin, vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang besar untuk melawan infeksi karena kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus.


6. Mengobati masalah tenggorokan

Sifat antioksidan dan antibakteri yang dimiliki bawang putih dapat membantu menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan, dan radang tenggorokan. Jika kita mengalami gatal pada tenggorokan, kita bisa menguyah sepotong kecil bawang putih atau mencampurnya ke dalam jus wortel atau jus apel. Dengan demikian, bawang putih juga dapat mencegah flu dan demam.


7. Mengurangi tingkat gula darah

Bawang putih memang dapat membantu meningkatkan insulin di dalam darah, sehingga ini dapat membantu penderita diabetes. Namun, ini tidak berarti kita berhenti melakukan pengobatan dari dokter. Tetap lakukan pengobatan dari dokter dan mencoba bawang putih sebagai pengobatan tambahan.


8. Mengobati sakit gigi

Sifat antibakteri dan anesthetizing pada bawang putih dapat membantu mengobati sakit gigi. Untuk mengurangi rasa sakit, ita bisa meletakan bawang putih cincang pada gigi yang sedang sakit.

Meski bawang putih memiliki bau yang tidak sedap bagi sebagian orang, dengan banyaknya manfaat yang dimiliki bawang putih, kini tidak ada alasan lagi untuk kita menghindarinya.


9. Meningkatkan kesehatan tulang

Konsumsi bawang putih dapat meminimalkan kerusakan tulang dengan meningkatkan estrogen pada wanita.

Salah satu studi yang dilakukan pada wanita menopause menemukan, mengonsumsi bawang putih kering (2 gram bawang putih mentah) setiap hari bisa menurunkan penanda defisiensi estrogen. ****


Editor: Kukuh Dwi Hariadi


Related Posts
Kukuh Dwi Hariadi
Penulis ini bukan seorang penulis profesional, penulis hanya sering berkegiatan sosial ekonomi.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro
‼️ SAVE ‼️ Pemkab Bojonegoro menggelar Gerakan Pangan Murah di sejumlah wilayah Bojonegoro. Catat tanggalnya dan pastikan jadwalnya. Antrilah dengan tertib dan rapi serta jaga kondusifitas di lokasi 😊 •••Beri tau ibumu dan sebarkan di grup WhatsApp keluarga sampai RT/RW 😉

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi