About Us

JEJAK POTENSI

Penting Untuk Pengusaha, Membuat Laporan Keuangan Agar Bisnis Bisa Berkembang


Jejak Potensi - Laporan keuangan yang sama layaknya perusahaan jasa maupun perusahaan dagang untuk bisnis kuliner yang dijalankan? Yah, bisa aja. Sebab, artikel berikut yang akan dibahas disini berupa contoh laporan keuangan bisnis kuliner yang bisa ditiru dan disimak. Dan harapannya dari pembahasan isi artikel ini secara khusus dapat membantu pebisnis yang menjalankan bisnis kuliner juga bisa menghasilkan laporan keuangan sederhana.

Yang berguna untuk mengetahui situasi perkembangan bisnis kuliner dan memprediksi arah bisnis kuliner kedepannya. Dimulai dari menyimak semua poin pembahasan isi artikel ini, yakni pentingnya laporan keuangan untuk bisnis, cara membuat laporan keuangan untuk bisnis makanan, contoh langkah membuat laporan keuangan usaha kue sederhana dan contoh laporan keuangan produk makanan atau usaha kue lainnya.


Pentingnya Laporan Keuangan untuk Bisnis

Umumnya laporan keuangan dibuat oleh banyak perusahaan dan para pebisnis karena laporan keuangan yang dihasilkan sangat berguna untuk menunjang kinerja sebuah bisnis atau perusahaan.

Dalam hal tersebut dapat diketahui secara umum apa saja yang menjadikan laporan keuangan sangat penting untuk bisnis Anda, adalah sebagai berikut:


Dapat Menganalisis Kesehatan Bisnis

Sehingga pebisnis dapat mempertimbangkan membuat laporan keuangan secara sistematis agar hasil laporan keuangan mampu menghasilkan penilaian yang dapat dipercaya. Serta hasil analisa kesehatan bisnis yang dilakukan dapat menganalisis juga keadaan bisnis yang dijalankan serta mampu mengetahui perilaku dan kebiasaan dari data penjualan bisnis.


Dapat Membantu Pengambilan Keputusan

Hal kedua yang menjadi pentingnya laporan keuangan untuk bisnis adalah dapat membantu mengambil keputusan sebuah bisnis yang dijalankan. Dimana hasil laporan keuangan yang dibuat mampu melihat apa saja yang perlu diambil tindakan terhadap bisnis. Serta juga dapat membantu mengambil keputusan dalam merencanakan strategi promosi bisnis yang efektif dan cocok digunakan.

Tidak hanya itu saja hasil laporan keuangan yang dibuat juga dapat memutuskan tindakan atau tindakan dengan cepat yang bisa lebih ditingkatkan untuk bisnis. Dibanding memutuskan suatu tindakan atau tindakan yang belum tentu efektif ditingkatkan pada sebuah bisnis yang dijalankan.

Dapat Menghindari Kecurangan atau Pencurian

Hal ketiga yang menjadi pentingnya laporan keuangan untuk bisnis adalah dapat menghindari kecelakaan atau pencurian dari sebuah bisnis yang dijalankan. Karena dari membuat laporan keuangan akan menghasilkan data laporan yang lengkap dan relevan. Yang nantinya dapat digunakan untuk melihat, memeriksa atau menyelidiki sebuah keanehan atau keganjilan sebuah transaksi yang terdapat di akun laporan keuangan.

Dapat Dijadikan Alat Kontrol Bisnis

Hal keempat yang menjadi pentingnya laporan keuangan untuk bisnis dapat dijadikan sebagai alat kontrol bisnis yang dijalankan. Karena dengan adanya laporan keuangan mampu mengontrol setiap evaluasi pelaksanaan dan rencana bisnis yang dijalankan pada setiap periode.

Yang mana laporan keuangan yang dibuat sebagai alat kontrol bisnis memiliki tujuan lain yaitu dapat mengontrol rencana setiap yang dimiliki bisnis atau usaha produk yang dijualkan apakah sudah berjalan sesuai rencana atau belum terlaksana dengan rencana yang baik atau belum terlaksana dengan baik target yang sudah ditetapkan atau direncanakan.


Cara Membuat Laporan Keuangan untuk Bisnis Makanan

Dalam cara membuat laporan keuangan untuk bisnis makanan dapat dilakukan dengan baik, dengan mempertimbangan bentuk laporan keuangan usaha makanan mana yang ingin dipilih dan digunakan oleh pemilik usaha atau bisnis makanan dalam menyusun laporan keuangan yang jelas dan benar, yaitu:


Membuat Laporan Laba Rugi

Cara membuat laporan keuangan untuk bisnis makanan yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat laporan laba rugi makanan bisnis. Yang mana, secara umum laporan laba rugi digunakan dan dibuat karena dapat memberikan informasi seputar nilai pendapatan dan biaya dalam suatu periode tertentu. Namun, dalam menghasilkan laporan keuangan berupa laba rugi dapat dilakukan dengan 2 bentuk laporan laba rugi bisnis makanan, yaitu :


Laporan Laba Rugi Bertahap (Beberapa Langkah)

Bentuk format laporan laba rugi bisnis makanan yang bisa dipilih dan digunakan dalam membuat laporan laba rugi oleh pemilik bisnis makanan adalah dengan cara bertahap atau disebut laba rugi bertahap atau multiple step. Laporan laba rugi bertahap atau multiple step ini merupakan susunan laporan laba rugi yang dilakukan secara bertahap, sesuai kelompok transaksinya yang berbentuk perbandingan antara pendapatan dan kewajiban. 


Laporan Laba Rugi Satu Tahap (Single Step)

Bentuk format laporan laba rugi bisnis makanan yang bisa dipilih dan digunakan dalam membuat laporan laba rugi oleh pemilik bisnis makanan adalah dengan cara satu tahap atau disebut laporan laba rugi satu tahap atau single step. Laporan laba rugi satu tahap atau single step unii susunan laporan laba rugi yang dilakukan secara sejenis atau satu kelompok dengan susunannya dari atas sampai ke bawah.


Membuat Laporan Perubahan Modal

Cara membuat laporan keuangan untuk bisnis makanan yang kedua atau selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuat laporan perubahan modal. Yang mana secara umum laporan perubahan modal digunakan dan dibuat karena untuk mengetahui informasi berupa pergerakan modal besar. Namun dalam menghasilkan laporan keuangan tersebut terkadang dipengaruhi oleh jenis perusahaannya, seperti perseorangan, persekutuan atau perseroan. 


Membuat Laporan Neraca

Cara membuat laporan keuangan untuk bisnis makanan yang ketiga setelah membuat laporan laba rugi dan laporan perubahan modal adalah membuat laporan neraca. Yang mana laporan neraca yang dibuat dapat berguna dalam menginformasikan aktivitas dan pasiva keuangan perusahaan.


Dalam membuat laporan neraca tersebut dapat dilakukan dengan menentukan bentuk laporan neraca mana yang ingin digunakan. Berikut bentuk laporan neraca yang dapat dipilih, yaitu:


Bentuk Laporan Neraca Staffel








Gambar.1

Laporan neraca bentuk staffel umumnya disusun dalam bentuk dari atas ke bawah yang susunannya dimulai dari aktiva, kewajiban dan modal. Dan ringkasan bentuk laporan mirip dengan laporan laba rugi single step.


Bentuk Laporan Neraca Skontro

Laporan neraca bentuk skontro umumnya disusun dalam bentuk menyamping dengan menghasilkan posisi kiri dan kanan, yang mana bagian kiri berisi aktiva sedangkan bagian kanan berisi pasiva yang terdiri dari kewajiban dan modal.



Langkah Membuat Laporan Keuangan Usaha Kue Sederhana

Selanjutnya yang akan dibahas adalah apa saja langkah-langkah yang diperlukan dalam membuat laporan keuangan usaha kue sederhana. Dalam menyusun laporan keuangan usaha kue sederhana yang benar adalah dapat mengikuti langkah-langkah berikut baru bisa lebih lanjut pada contoh laporan keuangan usaha makanan, diantaranya :


Mencatat Semua Transaksi Bisnis yang Terjadi 

Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat laporan keuangan usaha kue sederhana adalah mencatat semua transaksi bisnis yang terjadi tanpa tertinggal satupun transaksi bisnis yang terjadi agar laporan keuangan yang dihasilkan akurat pula datanya.

Semua data transaksi bisnis tersebut berupa transaksi pembelian, penjualan, pembayaran, hutang dan lainnya yang berhubungan dengan transaksi bisnis dan dapat digunakan juga untuk contoh laporan bisnis minuman.


Mengumpulkan Bukti Transaksi

Langkah kedua yang dilakukan dalam membuat laporan keuangan usaha kue sederhana adalah mengumpulkan bukti transaksi. Dimana bukti transaksi yang dimaksud ini memiliki peranan penting dalam aktivitas mencatat semua transaksi bisnis yang terjadi, jika tidak ada bukti maka laporan keuangan menjadi tidak sah dan tidak akurat. Bukti transaksi yang digunakan untuk pencatatan berupa nota, faktur, kwitansi dan bukti sejenis lainnya.


Membuat Laporan Keuangan

Contoh : Yunita memiliki bisnis kue basah dan di bulan maret memiliki saldo kas awal bisnis kue basah sebesar Rp 3.500.000. Dan selama satu bulan bisnis kue basah tersebut mampu menjual sebanyak 300 porsi, dan dari penjualan tersebut dapat dilakukan proses pencatatan contoh laporan keuangan usaha kue, yaitu sebagai berikut :


* Laporan Penjualan atau contoh pembukuan penjualan makanan.

Laporan Penjualan Kue Basah Yunita




Bulan Maret 2022




Nama Barang

Harga

Jumlah

Total

Bolu Pisang

Rp 15.000

100

Rp 1.500.000

Onde-onde

Rp 10.000

100

Rp 1.000.000

Dadar Gulung

Rp 18.000

50

Rp 900.000

Kue Lumpur

Rp 12.000

50

Rp 600.000

Jumlah Penjualan Kue Basah

Rp 4.000.000




* Laporan Arus Kas bisnis kue basah.

Laporan Arus Kas Bulan Maret 2022





Tanggal

Keterangan

Debet

Kredit

Saldo

1 Maret 2022

Saldo Awal

Rp 3.500.000

Rp 3.000.000

31 Maret 2022

Penjualan Tunai

Rp 4.000.000

Rp 7.000.000


* Laporan Buku Persediaan Barang.

Persediaan Barang Bulan Maret 2022





Tanggal

Nama Barang

Satuan

Dibeli

Dijual

31 Maret 2022

Bolu Pisang

porsi

100

 

Onde-onde

porsi

100

 

Dadar Gulung

porsi

50

 

Kue Lumpur

porsi

50


Contoh Laporan Laba Rugi yang bisa digunakan pula untuk contoh laporan keuangan usaha kue kering.

Laporan Laba Rugi Kue Basah Yunita Bulan Maret 2022




Tanggal

Keterangan

Debet

Kredit

 

Pendapatan Usaha :

 

 

 

Pendapatan Tunai

Rp 4.000.000

 

 

Biaya Operasional :

 

 

 

Biaya Listrik & Udara

 

Rp 250.000

 

Biaya Telepon 

 

Rp 125.000

 

Biaya Transportasi

 

Rp 350.000

 

Laba Bersih

Rp 3.275.000

 

Laporan keuangan adalah hal penting yang harus dimiliki dalam setiap bisnis, mau dari bisnis kecil hingga bisnis besar harus memiliki laporan keuangan. Hal ini bertujuan agar bisnis dapat mengetahui arus keuangan dengan baik, selain itu laporan keuangan juga dapat membantu analisis perkembangan bisnis dengan melihat laba rugi yang dihasilkan.



Related Posts
Kukuh Dwi Hariadi
Penulis ini bukan seorang penulis profesional, penulis hanya sering berkegiatan sosial ekonomi.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro
‼️ SAVE ‼️ Pemkab Bojonegoro menggelar Gerakan Pangan Murah di sejumlah wilayah Bojonegoro. Catat tanggalnya dan pastikan jadwalnya. Antrilah dengan tertib dan rapi serta jaga kondusifitas di lokasi 😊 •••Beri tau ibumu dan sebarkan di grup WhatsApp keluarga sampai RT/RW 😉

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi