About Us

JEJAK POTENSI

Kompos Menjadi Alternatif yang Baik Saat Berkurangnya Pupuk Subsidi Pemerintah

Foto : Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Padat oleh IDFoS Indonesia ©2023 
Jejak Potensi - Kompos adalah bahan organik yang dihasilkan dari proses penguraian bahan organik seperti dedaunan, ranting, sampah dapur, dan kotoran hewan. Proses pengomposan dapat dilakukan secara alami dengan membiarkan bahan organik terurai secara alami oleh mikroba atau dengan cara mempercepat proses penguraian menggunakan starter kompos.

Kompos memiliki manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tanaman. Pada artikel ini kita tidak hanya membahas mengenai manfaat, kita juga akan membahas kandungan dan cara membuat pupuk kompos.

Ada beberapa kandungan pupuk kompos yang penting untuk menjaga kesuburan tanah, terutama keseimbangan ekosistem yang ada di dalam tanah dan juga keberlangsungan hidup mikroorganisme di dalamnya. Mikroorganisme adalah organisme yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Organisme ini terdiri dari berbagai jenis, seperti bakteri, virus, jamur, dan protista.

Oleh karena itu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bojonegoro, Jawa Timur meminta petani menggunakan pupuk kompos saat menanam padi. Sebab, alokasi pupuk bersubsidi tahun 2024 ini berkurang hingga 39.199 ton dibandingkan tahun lalu.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bojonegoro Retno Budi Widyanti mengatakan, kuota alokasi pupuk bersubsidi tahun ini sesuai e-alokasi yang ditetapkan Kementerian Pertanian.

“Jatah pupuk 2024 ini, untuk Kabupaten Bojonegoro total sebanyak 56.782 ton, untuk jenis NPK 21.499 ton dan Urea 21.499 ton,” katanya, Senin (15/1/2024). Dikutip dari SuaraBanyuUrip.com

Dia menjelaskan, jumlah alokasi pupuk bersubsidi tahun 2024 ini berkurang sebanyak 39.199 ton. Pada tahun lalu, Bojonegoro mendapatkan jatah pupuk sebanyak 95.981 ton. Yakni alokasi pupuk Urea 62.390 ton dan NPK 33.591 ton.

“Dengan alokasi yang ada saat ini agar dioptimalkan sesuai dengan komoditas yang ditanam. Terutama tanaman pangan padi, jagung, kacang hijau hingga kedelai,” katanya.

DKKP Bojonegoro meminta agar petani kembali menggunakan pupuk kompos maupun pupuk non subsidi untuk memenuhi kebutuhan pupuk, karena alokasi pupuk subsidi berkurang.

“Karena alokasi pupuk bersubsidi yang terbatas ini kita akan melakukan berbagai upaya untuk membantu para petani,” pungkas Retno Budi.

Kompos dapat menjadi alternatif yang baik untuk pupuk kimia dalam meningkatkan kualitas tanah dan pertumbuhan tanaman. Dengan membuat kompos sendiri, kita juga dapat mengurangi limbah organik di rumah dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Proses pembuatan kompos juga cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Yuk kita bikin kompos sendiri di rumah untuk mendapatkan hasil tanaman yang lebih sehat serta mengolah sampah kita agar lebih bermanfaat.(kuh/red)


Semoga artikel ini bermanfaat. Ayo ikut berpartisipasi dalam memberikan informasi apapun. Salah satunya dengan cara menuliskan potensi di daerah kalian masing-masing di portal Jejak Potensi, dengan cara mengirimkan kontribusi kalian melalui email [email protected]
Salam Sahabat Potensi.



Related Posts
Admin
Hidup ini perjuangan, selalu semangat dan tersenyum untuk menghadapi kehidupan ini.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro
‼️ SAVE ‼️ Pemkab Bojonegoro menggelar Gerakan Pangan Murah di sejumlah wilayah Bojonegoro. Catat tanggalnya dan pastikan jadwalnya. Antrilah dengan tertib dan rapi serta jaga kondusifitas di lokasi 😊 •••Beri tau ibumu dan sebarkan di grup WhatsApp keluarga sampai RT/RW 😉

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi