About Us

JEJAK POTENSI

Tahu 1966 Ribuan mahasiswa KAMI mencanangkan Tri Tuntutan Rakyat (TRITURA); bubarkan PKI

 

Pada 10 Januari 1966, ribuan mahasiswa KAMI berkumpul di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan mencanangkan Tri Tuntutan Rakyat (TRITURA); bubarkan PKI, bersihkan kabinet Dwikora dan, turunkan harga-harga bahan pokok. Kolonel Sarwo Edhie Wibowo, Komandan RPKAD, turut serta menyampaikan pidato. Setelah pidatonya, mereka berbaris ke Departemen P dan K untuk menyampaikan tuntutan dan kemudian bergerak ke Sekretariat Negara di sebelah istana presiden. KAMI Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia juga mengadakan seminar yang berlangsung hingga 20 Januari untuk mengoreksi kebijakan-kebijakan dan pelaksanaan pemerintah Orde Lama dalam sektor ekonomi.

David Ransom dalam Ford Country: Building an Elite for Indonesia mengatakan pertemuan yang membentuk KAMI sebagai tempat awal di mana para pemimpin senior PSI dan Masyumi dengan dibiayai Ford Foundation memberikan nasihat dan bantuan keuangan kepada pimpinan mahasiswa (KAMI) selama masa-masa aksi Tritura.

Geoffrey B Robinson dalam Musim Menjagal mengatakan bahwa “Meski penampilan dan namanya terdengar seperti sekumpulan anak kelas menengah yang ramah, kesatuan-kesatuan aksi mahasiswa ini memainkan peran krusial dalam kampanye kekerasan melawan kaum kiri pada 1965-1966. Sebagaimana diakui oleh orang-dalam politik kepada seorang peneliti pada akhir 1966, “Para mahasiswa adalah sayap kanan fanatik yang dimanfaatkan oleh Angkatan Darat dan (Wakil Ketua NU) ZE Subchan. Kita tidak akan pernah yakin siapa yang akan mereka ‘tangkap’ dan apa yang terjadi jika memang melakukannya. Mereka fenomena fasis, bukan demokratis.””


Melipat Ganda, Membakar Tirani! 

 
#momentumsejarah
#arahjuang


Semoga artikel ini bermanfaat. Ayo ikut berpartisipasi dalam memberikan informasi apapun. Salah satunya dengan cara menuliskan potensi di daerah kalian masing-masing di portal Jejak Potensi, dengan cara mengirimkan kontribusi kalian melalui email [email protected]

Salam Sahabat Potensi.


Sumber : arahjuang

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Kritik dan saran, Scan disini.

Kritik dan saran, Scan disini.

Pemasangan Iklan di sini, Bayar Seikhlasnya.

Pemasangan Iklan di sini, Bayar Seikhlasnya.
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)