About Us

JEJAK POTENSI

Kerja Bakti Bersihkan Sumber Mata Air Sendang Lego Mojodelik, Antusias Para Pekerja Lapangan Minyak Banyu Urip

Antusias Pekerja Lapangan Minyak Banyu Urip berama Masyarakat Desa Mojodelik Kecamatan Gayam

Bojonegoro, Jejak Potensi – Para pekerja di Lapangan Minyak Banyu Urip melaksanakan kerja bakti di Desa Mojodelik dan Bonorejo Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada Kamis (18/10/2023). Kegiatan sukarelawan ini diikuti oleh 67 karyawan, Musyarawah Pimpinan Kecamatan Gayam, kepala desa, guru, dan siswa.

Manajemen Operator Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) juga turut hadir membersamai para relawan. Sebelum memulai kegiatan, Manajemer Aset EMCL, Teddie Brinkley menyerahkan bantuan 190 pohon kepada Desa Mojodelik untuk ditanam di sekitar sumur mata air. Antara lain pohon Beringin, Angsana, Tabebuya, Trembesi, dan Ketapang Kencana.

Bantuan secara simbolis diterima oleh Camat Gayam, Palupi Ratih Dewanti. Saat itu juga para relawan langsung menanam pohon di sekitar sumur yang dikeramatkan warga tersebut.

“Pohon ini kita tanam di sekitar Sendang Lego agar menjaga serapan air yang lebih baik,” ucap Kades Mojodelik, Yuntik Rahayu.

Selain menanam pohon, peserta juga melakukan bersih-bersih dan mengecat gazebo Sendang. Sumber mata air ini menjadi andalan masyarakat di saat musim kemarau. Sehingga berbagai cara dilakukan untuk menjaga ketersediaan airnya.

Kegiatan kerja bakti karyawan hari ini berlangsung di beberapa tempat sekaligus. Selain di Sendang Lego Desa Mojodelik, para relawan juga ikut mengajar di Sekolah Dasar Negeri Desa Bonorejo dan terlibat dalam Kenduri Temu Tanam Tani di desa yang sama.

Menurut External Affairs Manajer EMCL, Beta Wicaksono kegiatan sukarelawan merupakan bagian dari upaya mempererat hubungan baik para pekerja dengan warga sekitar. Kerja bakti juga menjaga budaya gotong royong yang merupakan nilai leluhur yang perlu dilestarikan.

“Kegiatan semacam ini juga menumbuhkan rasa empati dan kedekatan yang mendalam antara kita,” imbuhnya.

Sementara itu Camat Gayam mengapresiasi inisiatif EMCL. Menurutnya, budaya gotong royong ini penting untuk menjaga kerukunan di masyarakat. Oleh karenanya, dia juga mendorong masyarakat untuk terus menggiatkan kerja bakti di lingkungan masing-masing.

Camat juga mendukung penanaman pohon yang dilakukan dalam kegiatan ini. Menurutnya, cuaca panas dan kondisi cuaca yang tak menentu disebabkan adanya perubahan iklim.

“Makan menanam ini menjadi salah satu cara kita mengurangi efek dari perubahan iklim,” pungkasnya.(red)*



SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial
Cek PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial Nice Murah Promo Paket 10 Pack 5 Pack 2 Ply 180 Sheet Atau Tisu Nice Wajah dengan harga Rp32.900. Dapatkan di Shopee sekarang! Dengan kode BVS-JLE-CZM

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi