About Us

JEJAK POTENSI

Wisata Silowo Merakurak, Suguhkan Konsep Ekowisata dan Susur Sungai

Jejak Potensi - Tuban, Wisata Silowo Merakurak Tuban menjadi jujugan masyarakat untuk merasakan suasana alami. Hutan, kolam, dan sungai yang ada di dalamnya siap memberikan suguhan menarik. Tak perlu ke Amazon,  pengalaman berwisata di sini dijamin sulit terlupakan.

Di wisata Sendang Silowo, Kawanjo bisa menikmati kelezatan kuliner khas Tuban dari sagu. Seperti es dawet sagu, bongko, dan gandos. Yang mengasyikkan, makanan dan minuman ini bisa dinikmati di gazebo pinggir sungai. Apalagi harganya murah dan rasanya nikmat. Dijamin hati makin senang karena perut kenyang.

Ekowisata Silowo Merakurak buka setiap hari pada pukul 08.00-15.00. Sekali lagi, bila ingin naik perahu menyusuri sungai Kawanjo harus datang sebelum pukul 08.00. Namun bila ternyata kurang beruntung karena tidak bisa menyewa, Kawanjo masih bisa melakukan aktivitas lain selama di sini. Seperti berenang, bersantai, atau kulineran.

Tiket Masuk Murah

Benar-benar tak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk merasakan vibes susur sungai di hutan. Tak usah susah-susah ke Amazon, cukup datang ke wisata Silowo Tuban dengan tiket yang murah meriah.

Adapun tiket masuk Silowo adalah  Rp 5000. Untuk sewa perahu kano (1 orang) biayanya Rp 10.000, perahu mesin (1 orang) Rp 6000, berenang (wajib mengenakan pelampung) Rp 5000. Sedangkan untuk parkir motor cukup membayar Rp 2000 dan mobil Rp 5000. 

Tiap harinya 150 tiket sewa perahu yang disediakan pengelola, habis dengan cepat. Jadi, tips supaya tidak kecewa adalah, gercep. Datang lebih awal, karena siapa cepat dia yang dapat.

Ekowisata

Menariknya, Sendang Silowo Merakurak Tuban menjadi tempat konservasi lingkungan air. Di sini juga digunakan sebagai penangkaran ikan sungai terutama jenis wader. 

Sebagai wisatawan yang bijak, layak kiranya Kawanjo mendukung upaya tersebut. Dengan turut menjaga kebersihan dan keamanan diri serta lingkungan.

Susur Sungai dengan Kano

Ini dia inti dari wisata Silowo Merakurak. Yang membedakan dengan konsep lama, kini terdapat aktivitas menarik berupa menyusuri sungai dengan perahu kano. Aliran air yang tenang, nampak jernih dan bersih. Menambah riang hati kala mengendarai perahu. Apalagi sambil menikmati pemandangan di tepi kanan kiri sungai. 

Jangan lupa mengabadikan momen di serpihan surga dunia ini. Tunjukkan pada dunia maya, Indonesia bagian Tuban juga memiliki pemandangan alam yang otentik bin eksotik.

Suasana Hutan Perawan

Silowo adalah pemandian dengan sungai yang mengalir di tengah hutan. Pepohonan sagu yang berbaris di pinggir aliran air, membawa ingatan akan view hutan perawan di Kalimantan. Hijau, teduh, dan masih asli. Nampak sejuk dan asri membuat hati serta pikiran jadi semakin tenang.

Bahkan, sebagian masyarakat menyamakannya dengan hutan Amazon. Bila difoto dengan drone dari atas, penampilan Sendang Silowo memang menarik. Aliran air jernih nampak membelah rimbunnya hutan pohon sagu.

Ada hikmah dibalik penutupan sementara Sendang Silowo Merakurak Tuban. Sebab, tempat wisata ini kemudian ditata kembali dan ditambah dengan berbagai kegiatan menyenangkan. Seolah menjadi magnet, setelahnya Silowo Merakurak selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Dahulu Sendang Silowo hanya sebagai pemandian. Setelah proses revitalisasi, banyak hal menarik yang ada di sini. Menciptakan pengalaman wisata yang tak main-main.

Untuk menuju ke lokasi Wisata, anda bisa ambil arah ke Jalan raya Merakurak. Lurus sampai menemukan pertigaan, belok kiri hingga sampai di pertigaan SMPN 4. Lalu belok kanan, jalan saja terus.  Hingga sampai ke pertigaan lagi ada pasar Merakurak. Belok kiri dan tetap jalan lurus sejauh 350 meter, setelah Kantor Kecamatan Merakurak, pertigaan belok kiri. Sekitar 200 meter, sampailah di wisata Sendang Silowo Merakurak.

Indah bukan Wisata di Tuban ini? Ayo bersama kita kembangkan potensi pariwisata Kabupaten Tuban. Salah satunya dengan cara menuliskan potensi wisata di daerah kalian masing-masing melalui portal Jejak Potensi melalui email [email protected]

Salam Sahabat Potensi

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial

PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial
Cek PAKET 10 PCS Tisu Tissue Nice Facial Nice Murah Promo Paket 10 Pack 5 Pack 2 Ply 180 Sheet Atau Tisu Nice Wajah dengan harga Rp32.900. Dapatkan di Shopee sekarang! Dengan kode BVS-JLE-CZM

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi