About Us

JEJAK POTENSI

Warga Jerukwudel Gunung Kidul Tanam Ratusan Pohon Ficus di Telaga Wotowati

 

GUNUNG KIDUL, Jejak Potensi – Ratusan pohon ficus aneka jenis, ditanam di Telaga Wotawati, Kelurahan Jerukwudel, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Empat hari sebelum penanaman, dilakukan penebaran benih ikan nila sekitar 1000 ekor. Dua telaga lain, yakni Telaga Guntur dan Embung Rancak, juga akan ditanami ficus.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan program Nandur Tuk, Memetri Tuk, yang diinisiasi dan dimotori oleh Sekolah Ekoliterasi Hangrukti Bumi Lestari, dan Sekolah Air Hujan Banyubening.

Penanaman dilakukan bersama-sama dengan masyarakat dan karang taruna Desa Jerukwudel, yang dikoordinir oleh Gunawan.

Dengan luas sekitar 25×150 m2, dan kedalaman rata-rata 5 m, Telaga Wotawati dapat mencukupi kebutuhan untuk 4 padukuhan — Dompol, Bendo, Karanggede A dan Karanggede B — di Desa Jerukwudel, selama beberapa bulan, terutama di musim kemarau.

Menurut Gunawan, sebelum dilakukan pengerukan, lapisan lumpur (lendut) di dasar telaga dapat setinggi paha orang dewasa.

Lapisan lumpur itu, membuat dasar telaga menjadi kedap air, sehingga air tidak mudah hilang melalui celah-celah di dasar telaga.

Yang menarik dari masyarakat di sekitar Telaga Wotawati, adalah kekompakannya. Meskipun sebagian besar pemuda bekerja dan sehari-hari berdomisili di luar kota, tetapi setiap ada kegiatan desa atau warga — bersih desa, nikahan, warga ada yang meninggal dunia — mereka akan pulang. Solidaritas sosial masih hidup dengan baik.

Kegiatan menanam ficus di sekitar telaga, diharapkan dapat memberi banyak dampak positif bagi warga Jerukwudel, khususnya warga pedukuhan di sekitar telaga.

Dengan 5M — menanam, menjaga, merawat, melestarikan, melindungi — agar ke depan nanti, anak keturunan tidak kesulitan air dan menumbuhkan empati kesadaran kepada alam itu sendiri. (AJP/Red)


Kontributor || AJ. Purwanto

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Open Donasi Buku

Open Donasi Buku
"Donasi Koleksi Terbaik Membantu Menyiapkan Generasi Terbaik"

Info

Info

Informasi Pemasangan Iklan

Informasi Pemasangan Iklan
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

NUTRIFLAKES

NUTRIFLAKES
Sereal Umbi Garut Ekstrak Daun Kelor AMPUH ATASI MAAG, GERD, DAN ASAM LAMBUNG TANPA EFEK SAMPING

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro

Gerakan Pangan Murah Bojonegoro
‼️ SAVE ‼️ Pemkab Bojonegoro menggelar Gerakan Pangan Murah di sejumlah wilayah Bojonegoro. Catat tanggalnya dan pastikan jadwalnya. Antrilah dengan tertib dan rapi serta jaga kondusifitas di lokasi 😊 •••Beri tau ibumu dan sebarkan di grup WhatsApp keluarga sampai RT/RW 😉

Donasi Potensi

Uang jajan buat pengembangan Jejak Potensi