About Us

JEJAK POTENSI

Petani Tembakau Khawatir, Harga Turun saat Puncak Panen

Aktivitas penjemuran tembakau hasil rajangan, oleh masyarakat di Bojonegoro.

Jejak Potensi, Bojonegoro - Wilayah timur dan selatan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur yang mayoritas petani tembakau mulai khawatir saat hujan mulai turun, karena akan mempengaruhi produksi tembakau dan berpotensi harga terus mengalami penurunan.

Munawar (54), salah satu petani tembakau di Desa Bulu Kecamatan Sugihwaras. mengatakan, bahwa hujan sudah mulai turun, meski masih dalam intensitas sedang namun jika hujan ini terus berlangsung maka akan dapat merusak kualitas tanaman tembakau dan harga jual.

“Kekita musim hujan kualitas tembakau banyak yang rusak. Sehingga pengaruh pada harga jual tembakau rajangan kering,” katanya kamis (12/9/2024).

Pada dasarnya harga komoditas tembakau memang berfluktuasi setiap tahunnya dan berbeda-beda di setiap sentra produksi. 

Namun jika harganya turun saat masa panen, maka ada faktor yang memengaruhi selain cuaca, yang mana tahun ini Indonesia akan mengalami fenomena La Nina sehingga musim hujan diprediksi maju menjadi September atau Oktober. 

Salah satu faktor selain cuaca yaitu dari regulasi pemerintah yang memperketat peredaran rokok, dengan keluarnya PP 28 Kesehatan pada Juli 2024 ini. Sehingga ada beberapa sentra tembakau mengalami koreksi harga sehingga ada sedikit penurunan.

Sepanjang tahun 2023 harga tembakau sedang baik, hingga sebelum terbitnya PP Kesehatan pada Juli 2024 lalu. Berimbas pada harga tembakau di Kabupaten Bojonegoro yang menjadi salah satu sentra produksi tembakau mengalami penurunan harga. (Kuh)

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Kritik dan saran, Scan disini.

Kritik dan saran, Scan disini.

Pemasangan Iklan di sini, Bayar Seikhlasnya.

Pemasangan Iklan di sini, Bayar Seikhlasnya.
Klik disini!! Pasang Baner Atau Pamflet mu disini, Jangkau lebih luas pasarmu.

JASA SABLON DTF

JASA SABLON DTF
Beli Kaos Sablon & desain terbaru dengan harga murah 2023 (Bisa Kastom Desain Sesuka Hati)

Donasi Potensi

Buat Pengembangan Jejak Potensi